Takaran Oli Shock Depan Vario 150: Panduan Lengkap untuk Performa Maksimal

Made Santika

Bagi pecinta otomotif, skuter matik menjadi andalan transportasi sehari-hari karena kepraktisannya. Salah satu skuter matik yang populer di Indonesia adalah Honda Vario 150. Tak hanya tampilannya yang sporty, Vario 150 juga dikenal memiliki performa yang mumpuni.

Untuk menjaga performa optimal, perawatan rutin sangat penting, termasuk pada bagian shock depan. Salah satu aspek penting dalam perawatan shock depan adalah memastikan takaran oli yang tepat. Oli shock depan berfungsi untuk melumasi dan meredam getaran saat berkendara, sehingga mempengaruhi kenyamanan berkendara.

Takaran Oli Shock Depan Vario 150

Komponen Shock Depan:

Sebelum membahas takaran oli, penting untuk memahami komponen shock depan Vario 150 yang berperan dalam menopang bobot dan menyerap getaran. Komponen-komponen tersebut meliputi:

  • Tabung shock depan
  • Seal oli atas
  • Batang piston
  • Seal oli bawah
  • Piston
  • Katup rebound
  • Katup kompresi
  • Per shock

Kapasitas Oli:

Setiap produsen kendaraan menentukan kapasitas oli shock depan yang sesuai dengan spesifikasi teknis kendaraan tersebut. Untuk Vario 150, kapasitas oli shock depan adalah 107 mL per tabung atau sekitar 214 mL untuk kedua tabung shock depan.

Jenis Oli yang Digunakan:

Selain takaran oli yang tepat, jenis oli juga mempengaruhi performa shock depan. Untuk Vario 150, Honda merekomendasikan oli fork atau shockbreaker yang berjenis SAE 10W atau SAE 10W-30. Jenis oli ini memiliki kekentalan yang sesuai untuk shock depan Vario 150 dan dapat menjaga kinerja optimal dalam berbagai kondisi berkendara.

BACA JUGA  Lampu Indikator Vario 150 Menyala Oranye: Peringatan Serius yang Wajib Diperhatikan

Cara Mengganti Oli Shock Depan Vario 150:

Setelah mengetahui takaran dan jenis oli, berikut adalah langkah-langkah mengganti oli shock depan Vario 150:

Alat dan Bahan:

  • Oli fork atau shockbreaker SAE 10W atau SAE 10W-30
  • Corong oli
  • Kunci ring 14 mm
  • Kunci L 5 mm
  • Wadah untuk menampung oli bekas
  • Kain lap bersih

Langkah-langkah:

  1. Parkirkan Vario 150 di tempat yang rata dan aman.
  2. Buka baut atas shock depan menggunakan kunci ring 14 mm.
  3. Tarik batang piston ke atas secara perlahan untuk mengeluarkan oli bekas ke dalam wadah penampung.
  4. Bersihkan seal oli atas dan bawah menggunakan kain lap bersih.
  5. Masukkan corong oli ke dalam tabung shock depan dan tuangkan oli baru sesuai takaran yang ditentukan (107 mL per tabung).
  6. Pasang kembali baut atas shock depan dan kencangkan menggunakan kunci ring 14 mm.
  7. Ulangi langkah yang sama untuk tabung shock depan yang satunya.
  8. Buang oli bekas sesuai prosedur yang benar untuk menjaga lingkungan.

Tips Penting:

  • Ganti oli shock depan secara berkala sesuai rekomendasi pabrikan, biasanya setiap 10.000-15.000 kilometer atau 6-12 bulan.
  • Gunakan oli shock depan berkualitas baik yang sesuai dengan spesifikasi Vario 150.
  • Pastikan seal oli atas dan bawah dalam kondisi baik untuk mencegah kebocoran oli.
  • Periksa kondisi shock depan secara berkala untuk mendeteksi masalah lebih dini, seperti kebocoran oli atau keausan komponen.

Dengan mengetahui dan menerapkan takaran oli shock depan Vario 150 yang tepat, pengendara dapat memastikan performa shock depan yang optimal. Hal ini akan memberikan kenyamanan berkendara yang lebih baik, sekaligus menjaga keselamatan dan keamanan berkendara.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer