Honda CBR150 old merupakan salah satu motor sport legendaris yang masih dicintai banyak pemotor. Salah satu komponen penting dalam motor ini adalah shock depan. Shock depan yang baik sangat mempengaruhi kenyamanan dan performa berkendara.
Salah satu aspek penting dalam merawat shock depan adalah mengganti oli shock secara berkala. Oli shock berfungsi untuk melumasi komponen internal shock dan mengurangi gesekan, sehingga shock bekerja dengan baik dan tidak cepat aus.
Pada artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang ukuran oli shock depan Honda CBR150 old. Kita juga akan memberikan tips cara mengganti oli shock dengan benar.
Ukuran Oli Shock Depan Honda CBR150 Old
Ukuran oli shock depan Honda CBR150 old adalah sebagai berikut:
- Oli shock depan kiri: 120 ml
- Oli shock depan kanan: 110 ml
Catatan:
- Ukuran oli shock ini adalah untuk kondisi standar. Jika Anda menggunakan shockbreaker aftermarket, ukuran oli shock mungkin berbeda.
- Selalu periksa manual pemilik motor Anda untuk memastikan ukuran oli shock yang tepat.
Jenis Oli Shock yang Digunakan
Jenis oli shock yang digunakan untuk Honda CBR150 old adalah SAE 10W30. Oli ini memiliki viskositas yang cocok untuk shock depan motor ini.
Catatan:
- Jangan menggunakan oli shock dengan viskositas yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Oli dengan viskositas terlalu tinggi dapat membuat shock terlalu keras, sedangkan oli dengan viskositas terlalu rendah dapat membuat shock terlalu empuk.
- Oli shock harus diganti setiap 10.000-15.000 km atau sesuai dengan anjuran pada manual pemilik.
Cara Mengganti Oli Shock Depan Honda CBR150 Old
Mengganti oli shock depan Honda CBR150 old tidaklah sulit. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
- Siapkan alat dan bahan:
- Oli shock SAE 10W30
- Gelas ukur
- Kunci ring 12 mm
- Kunci allen 6 mm
- Obeng minus
- Sarung tangan
- Buka tutup atas shockbreaker:
- Gunakan kunci ring 12 mm untuk mengendurkan baut pada tutup atas shockbreaker.
- Angkat tutup atas secara perlahan.
- Buang oli shock lama:
- Miringkan shockbreaker sehingga oli keluar dari lubang pada tutup atas.
- Buang oli shock lama ke dalam wadah penampung.
- Ukur oli shock baru:
- Gunakan gelas ukur untuk mengukur 120 ml oli shock untuk shock depan kiri dan 110 ml untuk shock depan kanan.
- Tuangkan oli shock baru:
- Tuangkan oli shock baru ke dalam lubang pada tutup atas shockbreaker.
- Pastikan untuk mengisi oli hingga batas yang ditentukan.
- Pasang kembali tutup atas shockbreaker:
- Pasang kembali tutup atas shockbreaker ke posisinya semula.
- Kencangkan baut pada tutup atas menggunakan kunci ring 12 mm.
- Pasang kembali shockbreaker:
- Pasang kembali shockbreaker ke fork depan.
- Kencangkan baut pengait shockbreaker menggunakan kunci allen 6 mm.
- Kencangkan baut as roda depan menggunakan kunci ring 12 mm.
- Tes shockbreaker:
- Tekan shockbreaker beberapa kali untuk memastikan oli shock mengalir dengan baik.
- Pastikan shockbreaker bekerja dengan baik dan tidak ada kebocoran oli.
Tips Mengganti Oli Shock Depan Honda CBR150 Old
Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti saat mengganti oli shock depan Honda CBR150 old:
- Pastikan motor dalam keadaan dingin sebelum mengganti oli shock.
- Gunakan sarung tangan saat mengganti oli shock untuk menghindari kontak dengan oli panas.
- Bersihkan area sekitar tutup atas shockbreaker sebelum membukanya untuk mencegah kotoran masuk ke dalam shock.
- Jangan mengisi oli shock terlalu banyak atau terlalu sedikit.
- Setelah mengganti oli shock, sebaiknya lakukan test ride untuk memastikan shockbreaker bekerja dengan baik.
Kesimpulan
Mengganti oli shock depan Honda CBR150 old secara berkala sangat penting untuk menjaga kinerja dan kenyamanan shockbreaker. Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan dalam artikel ini, Anda dapat mengganti oli shock sendiri dengan mudah dan cepat.
Ingatlah untuk menggunakan jenis oli shock yang tepat dan ukuran yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Dengan perawatan yang baik, shockbreaker Honda CBR150 old Anda akan awet dan memberikan performa yang optimal.