Poin Utama:– Vario 150 ESP adalah skuter matik yang populer di Indonesia karena desainnya yang sporty dan fitur canggih.- Modifikasi Vario 150 ESP dapat meningkatkan performa dan tampilannya menjadi lebih keren.- Beberapa modifikasi yang dapat dilakukan antara lain memasang knalpot racing, menambahkan sistem rem cakram belakang, mengganti shockbreaker belakang, dan meningkatkan kapasitas mesin.
Skuter matik Honda Vario 150 ESP merupakan salah satu varian skuter matik yang cukup populer di Indonesia. Tidak hanya karena desainnya yang sporty, Vario 150 ESP juga dilengkapi dengan beberapa fitur canggih seperti teknologi Enhanced Smart Power (ESP) yang membuat motor menjadi lebih irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Namun, bagi sebagian orang, memodifikasi motor adalah sebuah kebutuhan agar motor terlihat lebih keren dan bertenaga. Berikut adalah beberapa modifikasi Vario 150 ESP yang dapat dilakukan untuk meningkatkan performa dan tampilannya.
Knalpot Racing
Salah satu cara paling populer untuk membantu meningkatkan performa sepeda motor adalah dengan memasang knalpot racing. Dengan memasang knalpot racing pada Vario 150 ESP, motor akan memiliki saluran pembuangan yang lebih besar dan lebih bebas sehingga suara dari mesin bisa terdengar lebih bertenaga. Selain itu, knalpot racing juga dapat membuat motor lebih responsif saat gas ditekan. Pastikan Anda memilih knalpot racing yang berkualitas dari produsen terkenal agar tidak merusak mesin motor.
Sistem Rem Cakram Belakang
Modifikasi selanjutnya yang dapat dilakukan adalah menambahkan sistem rem cakram belakang pada Vario 150 ESP. Meskipun motor ini sudah dilengkapi dengan sistem rem cakram di bagian depan, sistem rem cakram belakang akan membantu meningkatkan kemampuan pengereman secara keseluruhan. Sistem rem cakram belakang juga lebih tahan lama dan tidak mudah aus dibandingkan rem tromol yang biasanya terdapat pada sepeda motor jenis skuter matik.
Shockbreaker Belakang
Jika Anda ingin meningkatkan kenyamanan saat berkendara dengan Vario 150 ESP, maka mengganti shockbreaker belakang bisa menjadi pilihan yang tepat. Shockbreaker belakang yang lebih baik akan membantu mengurangi efek getaran yang ditimbulkan saat berkendara. Dengan uprgade shockbreaker belakang, Anda juga akan merasakan perbedaan saat melintasi jalan yang berlubang atau tidak rata.
Meningkatkan Kapasitas Mesin
Modifikasi terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan kapasitas mesin. Namun perlu diperhatikan bahwa modifikasi ini membutuhkan biaya yang lebih mahal dan harus dilakukan oleh mekanik yang berpengalaman. Salah satu cara untuk meningkatkan kapasitas mesin Vario 150 ESP adalah dengan memperbesar diameter piston dan memasang camshaft yang lebih besar. Dengan kata lain, mesin Vario 150 ESP akan lebih bertenaga dan responsif saat digas.
Itulah tadi beberapa modifikasi Vario 150 ESP yang bisa dilakukan. Namun, perlu diingat bahwa modifikasi motor harus dilakukan dengan hati-hati dan oleh mekanik yang berpengalaman untuk menghindari kerusakan mesin yang dapat membahayakan keselamatan pengendara.
FAQ
Q: Apa dampak negatif dari melakukan modifikasi pada skuter matik?A: Jika tidak dilakukan dengan benar atau tanpa memahami risikonya, modifikasi pada skuter matik bisa menyebabkan mesin jadi cepat aus, kurang efisien, dan bahkan mengancam keselamatan pengendara.
Q: Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk memodifikasi Vario 150 ESP?A: Biaya modifikasi motor sangat bergantung pada jenis modifikasi yang ingin dilakukan. Modifikasi yang lebih sederhana seperti memasang knalpot racing atau sistem rem cakram belakang bisa didapatkan dengan biaya sekitar 500 ribu hingga 2 jutaan. Namun modifikasi yang lebih kompleks seperti meningkatkan kapasitas mesin bisa mencapai puluhan juta rupiah.