Setelan Klep pada Motor Honda Vario 160

Rendra

Kerenggangan klep atau valve pada setiap tipe mesin motor Honda akan berbeda-beda. Tidak sesuainya jarak renggang klep dapat berakibat tenaga motor tidak maksimal. Klep itu sendiri hanya terdapat pada motor 4 langkah, dan untuk motor 2 langkah pada umumnya tidak memakai klep.

Pengertian Klep atau Valve:

  • Klep atau bisa disebut valve adalah suatu alat atau bagian dari mesin motor yang bersifat dinamis dan terpasang pada kepala silinder.
  • Klep dibuat dari bahan yang keras dan mudah menghantarkan panas.
  • Klep menerima panas dan tekanan yang tinggi dan selalu bergerak naik dan turun, sehingga memerlukan kekuatan yang tinggi dan tahan terhadap panas dan gesekan.

Dampak Setelan Klep yang Tidak Tepat:

  • Jika setelan klep terlalu rapat, berikut dampaknya:
    • Bahan bakar menjadi boros.
    • Tekanan kompresi menjadi bocor.
    • Tenaga mesin berkurang.
    • Mesin tidak bisa stasioner.
    • Motor sulit dihidupkan.
    • Dapat terjadi ledakan pada karburator (khusus motor karbu).
  • Jika setelan klep terlalu renggang, berikut dampaknya:
    • Bahan bakar yang masuk berkurang.
    • Pembuangan gas tidak bersih.
    • Tekanan kompresi menjadi rendah.
    • Motor sulit dihidupkan.
    • Suara mesin berisik.
    • Tenaga motor menjadi berkurang dan cepat panas.
    • Mesin tersendat-sendat pada putaran tinggi.
    • Mesin tidak bisa stasioner.

Berikut adalah daftar setelan standar resmi klep atau valve untuk beberapa tipe motor Honda Vario 160:

Tipe Motor Honda Klep In (mm) Klep Ex (mm)
Vario 160 0,10 0,24
PCX 160 0,10 0,24
ADV 160 0,10 0,24

Pastikan untuk memeriksa dan menyetel klep sesuai dengan standar pabrik agar performa motor tetap optimal. Semoga informasi ini membantu! 😊

BACA JUGA  Vario 160 ABS Matte Black: Motor Matic Terbaru untuk Tampil Stylish dan Lebih Aman di Jalan Raya

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer