Kerenggangan klep atau valve pada setiap tipe mesin motor Honda akan berbeda-beda. Tidak sesuainya jarak renggang klep dapat berakibat tenaga motor tidak maksimal. Klep itu sendiri hanya terdapat pada motor 4 langkah, dan untuk motor 2 langkah pada umumnya tidak memakai klep.
Pengertian Klep atau Valve:
- Klep atau bisa disebut valve adalah suatu alat atau bagian dari mesin motor yang bersifat dinamis dan terpasang pada kepala silinder.
- Klep dibuat dari bahan yang keras dan mudah menghantarkan panas.
- Klep menerima panas dan tekanan yang tinggi dan selalu bergerak naik dan turun, sehingga memerlukan kekuatan yang tinggi dan tahan terhadap panas dan gesekan.
Dampak Setelan Klep yang Tidak Tepat:
- Jika setelan klep terlalu rapat, berikut dampaknya:
- Bahan bakar menjadi boros.
- Tekanan kompresi menjadi bocor.
- Tenaga mesin berkurang.
- Mesin tidak bisa stasioner.
- Motor sulit dihidupkan.
- Dapat terjadi ledakan pada karburator (khusus motor karbu).
- Jika setelan klep terlalu renggang, berikut dampaknya:
- Bahan bakar yang masuk berkurang.
- Pembuangan gas tidak bersih.
- Tekanan kompresi menjadi rendah.
- Motor sulit dihidupkan.
- Suara mesin berisik.
- Tenaga motor menjadi berkurang dan cepat panas.
- Mesin tersendat-sendat pada putaran tinggi.
- Mesin tidak bisa stasioner.
Berikut adalah daftar setelan standar resmi klep atau valve untuk beberapa tipe motor Honda Vario 160:
Tipe Motor Honda | Klep In (mm) | Klep Ex (mm) |
---|---|---|
Vario 160 | 0,10 | 0,24 |
PCX 160 | 0,10 | 0,24 |
ADV 160 | 0,10 | 0,24 |
Pastikan untuk memeriksa dan menyetel klep sesuai dengan standar pabrik agar performa motor tetap optimal. Semoga informasi ini membantu! 😊