Bongkar Perbedaan Signifikan Shock Vario dan Beat, Mana yang Unggul?

Rudi Soebiantoro

Bagi pengendara motor matik, suspensi atau shock menjadi komponen penting yang menjamin kenyamanan saat berkendara. Di antara deretan motor matik populer, Honda Vario dan Honda Beat menjadi pilihan utama banyak konsumen. Namun, tahukah Anda bahwa ada perbedaan signifikan antara shock Vario dan Beat? Berikut ulasan lengkapnya:

Jenis dan Material

Salah satu perbedaan utama terletak pada jenis shock yang digunakan. Vario menggunakan shock belakang model ganda atau double, sementara Beat hanya menggunakan shock belakang tunggal. Shock ganda pada Vario terdiri dari unit utama dan sub-tank yang terpisah, sedangkan Beat memiliki shock belakang terintegrasi.

Adapun material yang digunakan juga berbeda. Vario mengandalkan shock belakang dengan material tabung baja yang lebih kokoh dan tahan banting. Sementara itu, Beat menggunakan material tabung aluminium yang lebih ringan dan fleksibel.

Ukuran dan Spesifikasi

Perbedaan lain terlihat pada ukuran dan spesifikasi shock. Shock belakang Vario memiliki ukuran lebih besar dengan diameter 30 mm, sedangkan shock Beat hanya berdiameter 22 mm. Diameter yang lebih besar pada Vario memberikan kestabilan yang lebih baik dan kemampuan meredam guncangan lebih optimal.

Selain itu, panjang shock belakang Vario juga lebih panjang, yaitu 290 mm, dibandingkan Beat yang hanya 270 mm. Panjang shock yang lebih panjang pada Vario memberikan rentang gerakan suspensi yang lebih luas, sehingga mampu menyerap guncangan dengan lebih baik di medan yang tidak rata.

Sistem Peredaman

Sistem peredaman yang digunakan pada shock Vario dan Beat juga berbeda. Vario mengadopsi sistem peredaman ganda atau double action, sementara Beat hanya menggunakan sistem peredaman tunggal. Sistem peredaman ganda pada Vario memungkinkan shock bekerja secara optimal dalam meredam guncangan baik saat kompresi maupun rebound.

BACA JUGA  Adu Mekanik: Bedah Tuntas Perbedaan As Shock Depan Vario dan Beat, Mana yang Lebih Tangguh?

Adapun pada Beat, sistem peredaman tunggal hanya bekerja secara efektif saat kompresi. Artinya, saat rebound, shock Beat cenderung memantul lebih besar, sehingga mengurangi kenyamanan berkendara.

Kenyamanan dan Handling

Perbedaan jenis, material, ukuran, dan sistem peredaman berdampak langsung pada kenyamanan dan handling. Vario dengan shock ganda memberikan kenyamanan berkendara yang lebih unggul, terutama saat melintasi medan yang tidak rata atau berlubang. Suspensi yang lebih kokoh dan sistem peredaman yang optimal mampu meredam guncangan dengan baik, sehingga mengurangi getaran yang terasa pada pengendara.

Sementara itu, Beat dengan shock tunggal menawarkan kenyamanan yang relatif kurang, terutama pada medan yang tidak mulus. Suspensi yang lebih lemah dan sistem peredaman yang kurang efektif dapat menyebabkan pengendara lebih mudah merasa pegal atau lelah saat berkendara jarak jauh.

Dari aspek handling, Vario juga memiliki keunggulan berkat shock ganda. Stabilitas yang lebih baik pada Vario memudahkan pengendara untuk mengontrol motor, terutama saat menikung atau bermanuver di kecepatan tinggi.

Kesimpulan

Kesimpulannya, ada beberapa perbedaan signifikan antara shock Vario dan Beat, antara lain jenis, material, ukuran, sistem peredaman, hingga kenyamanan dan handling. Vario dengan shock ganda, material tabung baja, ukuran lebih besar, dan sistem peredaman ganda memberikan kenyamanan berkendara yang lebih unggul dan handling yang lebih stabil.

Sedangkan Beat dengan shock tunggal, material tabung aluminium, ukuran lebih kecil, dan sistem peredaman tunggal menawarkan kenyamanan yang relatif kurang dan handling yang kurang stabil. Perbedaan ini tentu dapat menjadi pertimbangan penting bagi konsumen saat memilih antara Vario dan Beat sesuai dengan kebutuhan dan preferensi berkendara masing-masing.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer