Jakarta – Bagi pemilik motor matic, mengencangkan baut roda menjadi salah satu perawatan penting yang tak boleh disepelekan. Baut roda yang longgar bisa berujung pada masalah serius, seperti roda copot atau kecelakaan.
Untuk mencegah hal itu, penting mengetahui torsi yang tepat saat mengencangkan baut roda motor matic. Torsi adalah ukuran gaya yang memutar baut atau mur, diukur dalam satuan newton meter (Nm).
Torsi Baut Roda Motor Matic
Setiap jenis dan tipe motor matic memiliki spesifikasi torsi baut roda yang berbeda-beda. Umumnya, torsi yang direkomendasikan pabrikan berkisar antara 30-50 Nm.
Berikut beberapa contoh torsi baut roda motor matic yang umum ditemukan:
- Honda Beat: 33 Nm
- Yamaha Mio: 40 Nm
- Suzuki Nex: 35 Nm
- Vario 150: 45 Nm
- NMAX 155: 50 Nm
Alat yang Diperlukan
Untuk mengencangkan baut roda motor matic, dibutuhkan beberapa alat, yaitu:
- Kunci torsi
- Kunci ring atau kunci sok
Langkah-langkah Mengencangkan Baut Roda Motor Matic
- Lepas Baut Roda
Dengan menggunakan kunci ring atau kunci sok, kendurkan baut roda secara perlahan namun pasti. Jangan langsung melepas sepenuhnya.
- Bersihkan Drat Baut dan Lubang Roda
Gunakan sikat kawat atau kain lap untuk membersihkan drat baut dan lubang roda dari kotoran atau karat. Hal ini akan memastikan baut dapat dikencangkan dengan benar.
- Oleskan Gemuk pada Drat Baut
Oleskan sedikit gemuk pada drat baut untuk mengurangi gesekan dan mencegah baut macet.
- Kencangkan Baut dengan Kunci Torsi
Pasang baut pada lubang roda dan kencangkan dengan kunci torsi. Putar baut sesuai dengan torsi yang direkomendasikan pabrikan.
- Kencangkan Baut Secara Berselang-seling
Jangan langsung mengencangkan semua baut sekaligus. Kencangkan baut secara berselang-seling untuk memastikan roda terpasang dengan benar dan merata.
- Cek Kembali Kekencangan Baut
Setelah semua baut terpasang, cek kembali kekencangan baut dengan menggunakan kunci torsi. Pastikan semua baut sudah terpasang sesuai torsi yang ditentukan.
Bahaya Torsi Berlebihan atau Kurang
Mengencangkan baut roda dengan torsi yang berlebihan atau kurang dapat berujung pada masalah sebagai berikut:
-
Torsi Berlebihan:
- Baut patah atau ulir rusak
- Roda menjadi sulit dilepas saat diperlukan
- Rem cakram bisa macet
-
Torsi Kurang:
- Baut mudah kendur
- Roda bisa lepas dari motor
- Bahaya kecelakaan
Tips Tambahan
- Gunakan kunci torsi yang sesuai dengan torsi baut roda yang akan dikencangkan.
- Jangan menggunakan kunci inggris atau kunci pas biasa untuk mengencangkan baut roda, karena dapat merusak baut atau mengakibatkan torsi yang tidak akurat.
- Periksa kekencangan baut roda secara berkala, terutama setelah menempuh perjalanan jauh atau melewati jalan yang rusak.
- Jika Anda tidak yakin dengan kemampuan mengencangkan baut roda sendiri, sebaiknya bawa motor ke bengkel untuk dilakukan perawatan oleh mekanik profesional.
Dengan memahami torsi baut roda motor matic dan mengencangkannya dengan benar, Anda dapat memastikan keamanan dan keselamatan saat berkendara. Jangan lupa, perawatan berkala sangat penting untuk menjaga performa dan umur panjang motor Anda.