Panduan Lengkap Mengatasi Kiprok Rusak pada Vario Lama: Jalur Soket dan Cara Memeriksanya

Made Santika

Kiprok merupakan salah satu komponen penting pada sistem kelistrikan motor yang berfungsi untuk mengubah arus listrik bolak-balik (AC) menjadi arus listrik searah (DC). Kerusakan pada kiprok dapat berdampak pada pengisian aki dan kinerja kelistrikan motor secara keseluruhan.

Pada motor Honda Vario lama, kiprok terletak di bawah jok, tepatnya di samping aki. Untuk mengakses dan memeriksa jalur soket kiprok, diperlukan beberapa langkah berikut:

Persiapan

Sebelum memeriksa jalur soket kiprok, siapkan terlebih dahulu peralatan berikut:

  • Tang kombinasi
  • Obeng plus (+) dan minus (-)
  • Multimeter atau tespen

Melepas Jok Motor

Mulailah dengan melepas jok motor dengan menarik kait di bagian belakang jok ke atas. Setelah jok terlepas, Anda akan melihat aki dan kiprok yang terpasang di sampingnya.

Melepas Kiprok

  • Kendurkan baut pengikat kiprok menggunakan tang kombinasi.
  • Tarik kiprok keluar dari dudukannya dengan hati-hati.
  • Lepaskan soket konektor yang terhubung ke kiprok.

Memeriksa Jalur Soket Kiprok

Setelah kiprok terlepas, periksa jalur soketnya dengan teliti. Pastikan tidak ada kabel yang putus, terkelupas, atau terbakar. Jika terdapat kerusakan pada kabel, segera perbaiki atau ganti dengan kabel baru.

Selain itu, periksa juga konektor soket untuk memastikan tidak ada bagian yang kendor atau berkarat. Bersihkan bagian konektor menggunakan cairan pembersih kontak agar aliran listrik dapat berjalan dengan baik.

Cara Memeriksa Kiprok

Untuk memastikan kiprok masih berfungsi dengan baik, lakukan pengecekan menggunakan multimeter atau tespen sebagai berikut:

  • Atur multimeter ke mode pengukuran tegangan DC.
  • Hubungkan probe multimeter ke terminal positif dan negatif pada soket kiprok.
  • Nyalakan mesin motor dan ukur tegangan pada soket kiprok.
BACA JUGA  Ban Tubeless Vario: Kendaraan Hemat Bahan Bakar dengan Tingkat Keamanan Tinggi

Catatan: Tegangan normal pada soket kiprok Vario lama saat mesin menyala adalah sekitar 14-15 volt. Jika tegangan yang terukur di bawah atau di atas nilai tersebut, kemungkinan kiprok telah rusak dan perlu diganti.

Pemasangan Kembali Kiprok

Setelah memastikan jalur soket kiprok dan kiprok itu sendiri berfungsi dengan baik, pasang kembali kiprok ke dudukannya. Pastikan soket konektor terhubung dengan sempurna dan baut pengikat dikencangkan dengan benar.

Pasang kembali jok motor dan uji apakah sistem kelistrikan motor berfungsi dengan normal. Jika masih terdapat masalah, kemungkinan terdapat kerusakan pada komponen kelistrikan lainnya yang perlu diperiksa lebih lanjut.

Penyebab Kiprok Rusak

Kerusakan pada kiprok dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Beban listrik berlebih pada sistem kelistrikan motor.
  • Terjadi hubungan pendek pada sistem kelistrikan.
  • Arus listrik yang terlalu tinggi masuk ke kiprok.
  • Pertambahan usia dan pemakaian kiprok yang sudah lama.

Dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan secara teratur, Anda dapat mencegah kerusakan pada kiprok dan menjaga sistem kelistrikan motor tetap dalam kondisi optimal. Jika Anda mengalami masalah dengan sistem kelistrikan motor, disarankan untuk berkonsultasi dengan mekanik ahli untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer