Panduan Memilih Noken As BRT: T1, T2, dan T3

Dimas Permana

Pendahuluan

Noken as adalah salah satu komponen krusial dalam mesin kendaraan. Komponen ini bertanggung jawab untuk mengatur waktu buka dan tutup katup, sehingga memengaruhi kinerja keseluruhan mesin. Bagi pecinta modifikasi, upgrade noken as menjadi salah satu pilihan umum untuk meningkatkan performa mesin.

Di antara banyak merek noken as yang tersedia, BRT (Brader Racing Team) dikenal sebagai produsen terkemuka yang menawarkan berbagai pilihan noken as berkualitas. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara tiga varian noken as BRT yang populer: T1, T2, dan T3.

Noken As BRT T1

Noken as BRT T1 dirancang untuk penggunaan harian dan umumnya cocok untuk motor standar atau yang mengalami modifikasi ringan. Berikut ini karakteristiknya:

  • Lift Rendah: Durasi bukaan katup yang lebih pendek dibandingkan varian T2 dan T3, sehingga menghasilkan torsi lebih besar pada putaran mesin rendah.
  • Profil Landai: Profil noken yang landai memastikan pengoperasian mesin yang halus dan responsif pada putaran mesin rendah hingga sedang.
  • Cocok untuk Motor Standar: Noken as ini ideal untuk motor standar atau yang dimodifikasi dengan knalpot dan filter udara aftermarket.

Noken As BRT T2

Noken as BRT T2 dirancang untuk motor yang telah mengalami modifikasi yang lebih agresif. Karakteristiknya meliputi:

  • Lift Sedang: Durasi bukaan katup yang lebih lama dibandingkan T1, memberikan peningkatan tenaga pada putaran mesin menengah dan tinggi.
  • Profil Menengah: Profil noken yang lebih agresif menghasilkan torsi yang lebih baik pada putaran mesin tinggi dan mengurangi sedikit torsi pada putaran mesin rendah.
  • Cocok untuk Modifikasi Sedang: Noken as ini direkomendasikan untuk motor yang dimodifikasi dengan piston dan camshaft aftermarket, serta sistem pembuangan dan asupan yang lebih baik.
BACA JUGA  Kelebihan dan Kekurangan Honda Vario 2008

Noken As BRT T3

Noken as BRT T3 dirancang untuk performa mesin yang ekstrem pada lintasan balap. Karakteristiknya adalah sebagai berikut:

  • Lift Tinggi: Durasi bukaan katup yang sangat lama, menghasilkan peningkatan tenaga yang signifikan pada putaran mesin tinggi.
  • Profil Agresif: Profil noken yang sangat agresif memaksimalkan aliran gas masuk dan keluar mesin, tetapi dapat mengurangi torsi pada putaran mesin rendah.
  • Cocok untuk Balap: Noken as ini ditujukan untuk motor yang dimodifikasi secara ekstensif dan digunakan untuk balapan.

Perbandingan Fitur Utama

Fitur T1 T2 T3
Lift Rendah Sedang Tinggi
Profil Landai Menengah Agresif
Penggunaan Harian, Modifikasi Ringan Modifikasi Sedang Balap
Torsi Putaran Rendah Terbaik Baik Kurang
Tenaga Putaran Menengah Baik Terbaik Sangat Baik
Tenaga Putaran Tinggi Kurang Baik Sangat Baik

Kesimpulan

Pemilihan noken as BRT yang tepat sangat bergantung pada tujuan modifikasi dan karakteristik mesin. Noken as T1 cocok untuk penggunaan harian dan modifikasi ringan, T2 untuk modifikasi sedang, dan T3 untuk performa ekstrem pada lintasan balap. Memahami perbedaan di antara ketiganya akan membantu Anda memilih noken as yang sesuai untuk meningkatkan performa mesin kendaraan Anda.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer