Pasang Kiprok Vario Lama, Gampang Banget! Ini Panduan Lengkapnya

Dimas Permana

Pendahuluan

Kiprok merupakan komponen penting pada sistem kelistrikan motor. Ia bertugas mengubah arus bolak-balik (AC) yang dihasilkan oleh spul menjadi arus searah (DC) yang dapat digunakan oleh aki dan komponen kelistrikan lainnya.

Untuk Vario lama, kiproknya terletak di bawah dek bagian tengah, di dekat CVT. Jika kiprok bermasalah, maka dapat menyebabkan aki cepat tekor atau bahkan merusak komponen kelistrikan lainnya.

Nah, jika Anda berniat mengganti kiprok Vario lama sendiri, berikut ini panduan lengkapnya.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

  • Kiprok Vario lama yang baru
  • Kunci L 5 mm
  • Kunci pas 8 mm
  • Obeng plus (+)
  • Tang
  • Isolasi listrik

Langkah-Langkah Pemasangan

1. Buka Dek Tengah

  • Gunakan kunci L 5 mm untuk membuka 4 baut pengunci dek tengah.
  • Angkat dan lepaskan dek tengah.

2. Lepaskan Kiprok Lama

  • Cari soket kiprok yang terdiri dari 4 kabel: kuning, hijau, merah, dan hitam.
  • Tekan pengunci soket menggunakan tang, kemudian tarik kabel kuning, hijau, dan merah dari soket.
  • Gunakan kunci pas 8 mm untuk melepas baut pengikat kiprok.
  • Angkat dan lepaskan kiprok lama.

3. Pasang Kiprok Baru

  • Pasang kiprok baru pada tempatnya dan kencangkan baut pengikat.
  • Hubungkan kabel kuning, hijau, dan merah dari soket kiprok lama ke soket kiprok baru.
  • Pastikan kabel terpasang dengan benar dan rapat.

4. Hubungkan Kabel Hitam

  • Sambungkan kabel hitam dari kiprok baru ke kabel hitam yang menempel pada rangka motor.
  • Gunakan isolasi listrik untuk merekatkan sambungan kabel.
BACA JUGA  Apa Penyebab Air Radiator Motor Vario Cepat Habis

5. Pasang Dek Tengah

  • Pasang dek tengah pada tempatnya dan kencangkan baut pengunci.
  • Pastikan semua kabel terpasang dengan rapi dan tidak terjepit.

6. Tes Fungsi Kiprok

  • Hidupkan mesin motor.
  • Ukur tegangan aki menggunakan voltmeter. Tegangan aki yang normal berkisar antara 12,5 – 13,5 volt.
  • Jika tegangan aki normal, berarti kiprok telah terpasang dengan benar dan berfungsi dengan baik.

Tips Tambahan

  • Gunakan kiprok original atau yang berkualitas baik. Kiprok abal-abal dapat menyebabkan masalah kelistrikan.
  • Pastikan kabel terhubung dengan benar dan rapat. Sambungan kabel yang longgar dapat menyebabkan korsleting.
  • Periksa kondisi kabel dan komponen kelistrikan lainnya secara berkala. Kerusakan pada komponen lain dapat memengaruhi fungsi kiprok.
  • Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengganti kiprok, jangan ragu untuk membawanya ke bengkel terdekat.

Kesimpulan

Mengganti kiprok Vario lama bukanlah hal yang sulit jika mengikuti panduan di atas dengan benar. Dengan kiprok yang berfungsi dengan baik, sistem kelistrikan motor Anda akan bekerja optimal dan awet.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer