Standar Tekanan Pompa Bahan Bakar pada Motor Vario 150 Esp

Made Santika

Tekanan bahan bakar dalam sistem injeksi kendaraan bermotor sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin guna mendapatkan performa yang sesuai. Pada motor Vario 150 Esp, tekanan bahan bakar diatur oleh pressure regulator pada 294 kiloPascal (kPa) atau setara dengan 3,0 kgf/cm² dan 43 psi.

Sebelum menganalisis tekanan bahan menuju injektor, hendaknya kita memiliki alat Fuel Pressure Tester. Berikut adalah langkah-langkah pengukuran tekanan pompa bahan bakar:

  1. Nyalakan mesin dan lihat jarum penunjuk tekanan tester pada posisi 3 kgf/cm² dan sedikit bergetar.
  2. Jika tekanan kurang dari spesifikasi dan jarum penunjuk tekanan terlalu bergetar, kemungkinan ada masalah pada sistem pompa bahan bakar.
  3. Setelah mesin menyala, putar gas agak dalam hingga sekitar 7000-8000 rpm, lalu periksa tekanan yang ditunjukkan. Harus terbaca 3 kgf/cm².

Semakin rendah tekanan bahan bakar, campuran bahan bakar dan udara tidak akan tercampur secara homogen, sehingga tidak akan terbakar secara sempurna. Oleh karena itu, pemahaman tentang tekanan pompa bahan bakar sangat penting untuk menjaga performa mesin motor Vario 150 Esp. Semoga informasi ini bermanfaat! 😊 .

BACA JUGA  Arti Lampu Indikator Merah Pada Vario

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer