Vario 110 Karbu Mania, Kepoin Dong di Berapa RPM CVT Standar Beraksi!

Dimas Permana

Buat para rider Vario 110 karbu sejati, pasti udah nggak asing lagi dong sama CVT alias Continuously Variable Transmission. Komponen penting ini punya peran krusial dalam mengatur perpindahan gigi otomatis pada motor kesayanganmu. Nah, kali ini kita bakal bahas lebih dalam soal CVT standar Vario 110 karbu, khususnya di kisaran RPM berapa dia bekerja optimal.

Mengenal CVT Vario 110 Karbu

CVT pada Vario 110 karbu merupakan sistem transmisi otomatis yang terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu pulley depan, pulley belakang, dan v-belt. Cara kerjanya, ketika mesin berputar, pulley depan akan menggerakkan v-belt, yang kemudian meneruskan tenaga ke pulley belakang. Nah, perubahan diameter pulley depan dan belakang inilah yang mengatur perpindahan gigi secara otomatis sesuai dengan kecepatan motor.

Per CVT Standar Vario 110 Karbu

Setiap CVT punya karakteristik Per CVT yang berbeda-beda, termasuk Vario 110 karbu. Per CVT berfungsi sebagai penahan gaya sentrifugal yang dihasilkan oleh putaran mesin. Kekencangan Per CVT akan mempengaruhi timing perpindahan gigi.

Pada Vario 110 karbu, Per CVT standar memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Diameter: 30 mm
  • Tebal: 1,8 mm
  • Jumlah lilitan: 16
  • Beban awal: 1300 rpm
  • Beban akhir: 3000 rpm

Kisaran RPM Kerja CVT Standar Vario 110 Karbu

Nah, ini dia yang ditunggu-tunggu! Kisaran RPM kerja CVT standar Vario 110 karbu bervariasi tergantung beban dan kondisi berkendara. Namun, secara umum, CVT akan mulai bekerja pada RPM berikut:

  • RPM Minimum: 1300 rpm
  • RPM Perpindahan Gigi Awal: 1500-1700 rpm
  • RPM Perpindahan Gigi Penuh: 2500-2700 rpm
  • RPM Maksimum: 3000 rpm
BACA JUGA  Cara Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar pada Honda Vario 110 Karbu

Artinya, pada saat mesin berputar pada RPM 1300, Per CVT mulai menahan gaya sentrifugal sehingga pulley depan dan belakang mulai bergerak. Selanjutnya, saat RPM mencapai 1500-1700, perpindahan gigi pertama terjadi. Perpindahan gigi selanjutnya akan terus terjadi hingga RPM mencapai 2500-2700. Pada RPM 3000, Per CVT sudah mencapai beban maksimumnya sehingga perpindahan gigi ke gigi tertinggi selesai.

Faktor yang Mempengaruhi Kisaran RPM Kerja CVT

Selain spesifikasi Per CVT, beberapa faktor lain juga dapat mempengaruhi kisaran RPM kerja CVT, di antaranya:

  • Beban: Semakin berat beban yang dibawa, semakin tinggi RPM kerja CVT.
  • Kondisi Jalan: Jalan yang menanjak atau bergelombang akan membuat RPM kerja CVT lebih tinggi.
  • Modifikasi: Modifikasi pada mesin, seperti bore-up atau upgrade knalpot, dapat mengubah karakteristik RPM kerja CVT.

Tips Menjaga CVT Vario 110 Karbu Standar

Supaya CVT Vario 110 karbu kamu tetap bekerja optimal, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

  • Ganti oli CVT secara berkala sesuai rekomendasi pabrikan.
  • Bersihkan CVT secara rutin untuk menghilangkan kotoran dan debu.
  • Hindari berkendara dengan beban berlebih atau sering melakukan akselerasi dan deselerasi secara mendadak.
  • Periksa dan ganti Per CVT jika sudah aus atau lemah.

Dengan memahami kisaran RPM kerja CVT standar Vario 110 karbu, kamu bisa lebih memahami karakteristik motor kesayanganmu dan merawatnya dengan baik. Yuk, jadi rider Vario sejati yang paham seluk beluk motornya!

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer