Noken As BRT T1, T2, T3: Perbedaan dan Rekomendasi Sesuai Kebutuhan

Dimas Permana

Jakarta – Bagi para pemilik motor berjenis bebek atau sport yang ingin meningkatkan performa mesinnya, mengganti noken as menjadi salah satu pilihan upgrade yang cukup efektif. Salah satu produsen noken as terbaik di Indonesia adalah BRT. Mereka menawarkan tiga varian noken as, yakni T1, T2, dan T3.

Ketiga varian noken as BRT ini memiliki perbedaan karakteristik yang disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis motor yang berbeda. Bagi yang bingung memilih, berikut penjelasan detail perbedaan dan rekomendasi noken as BRT T1, T2, dan T3 yang telah dirangkum dari berbagai sumber terpercaya:

1. Noken As BRT T1

  • Spesifikasi:
    • Durasi: 264 derajat
    • Lift: 7,2 mm
  • Karakteristik:
    • Peningkatan tenaga pada putaran mesin rendah hingga menengah
    • Cocok untuk motor bebek dan sport harian
    • Tenaga naik sekitar 0,5-1 dk
  • Rekomendasi:
    • Motor bebek: Honda Supra X, Honda Revo, Yamaha Vega R, Yamaha Jupiter MX
    • Motor sport: Honda CB150R, Yamaha Vixion, Suzuki GSX-R150

2. Noken As BRT T2

  • Spesifikasi:
    • Durasi: 274 derajat
    • Lift: 7,4 mm
  • Karakteristik:
    • Peningkatan tenaga pada putaran mesin menengah hingga atas
    • Cocok untuk motor sport yang ingin digunakan untuk balapan atau harian dengan performa tinggi
    • Tenaga naik sekitar 1-1,5 dk
  • Rekomendasi:
    • Motor sport: Honda CBR150R, Yamaha R15, Suzuki GSX-R150

3. Noken As BRT T3

  • Spesifikasi:
    • Durasi: 284 derajat
    • Lift: 8 mm
  • Karakteristik:
    • Peningkatan tenaga pada putaran mesin atas
    • Cocok untuk motor sport yang digunakan khusus untuk balapan dengan kompresi mesin tinggi
    • Tenaga naik sekitar 1,5-2 dk
  • Rekomendasi:
    • Motor sport yang digunakan untuk balapan dengan kapasitas mesin di atas 150 cc
BACA JUGA  Panduan Lengkap Cara Bongkar CVT Vario Yang Perlu Anda Ketahui

Perbedaan Utama Noken As BRT T1, T2, T3

Perbedaan utama antara noken as BRT T1, T2, dan T3 terletak pada durasi dan lift. Durasi mengacu pada panjang waktu katup terbuka selama satu putaran poros bubungan, sedangkan lift mengacu pada ketinggian katup terbuka.

Noken as BRT T1 memiliki durasi dan lift terendah, sehingga menghasilkan daya yang lebih baik pada putaran mesin rendah hingga menengah. Sementara itu, noken as BRT T2 memiliki durasi dan lift yang lebih tinggi, menghasilkan peningkatan tenaga pada putaran mesin menengah hingga atas.

Noken as BRT T3 memiliki durasi dan lift tertinggi, sehingga memberikan peningkatan tenaga yang paling signifikan pada putaran mesin atas. Namun, noken as ini hanya direkomendasikan untuk motor sport yang digunakan untuk balapan dengan kompresi mesin tinggi.

Kesimpulan

Pemilihan noken as BRT bergantung pada kebutuhan, kapasitas mesin motor, serta jenis penggunaan. Untuk motor bebek dan sport harian, noken as BRT T1 adalah pilihan yang tepat. Sementara untuk motor sport yang ingin digunakan untuk balapan atau harian dengan performa tinggi, noken as BRT T2 sangat direkomendasikan.

Sedangkan untuk motor sport yang digunakan khusus untuk balapan dengan kompresi mesin tinggi, noken as BRT T3 adalah pilihan terbaik. Dengan memahami perbedaan dan rekomendasi setiap varian noken as BRT, pemilik motor dapat memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer