Masalah Umum Rem Belakang Vario 110 Tidak Pakem, Begini Cara Mengatasinya!

Rudi Soebiantoro

Jakarta – Vario 110 merupakan salah satu skutik paling populer di Indonesia. Namun, tidak sedikit pengguna Vario 110 yang mengeluhkan masalah rem belakang tidak pakem. Rem yang kurang pakem tentu dapat membahayakan keselamatan pengendara.

Jika Anda mengalami masalah rem belakang Vario 110 tidak pakem, jangan khawatir. Ada beberapa penyebab umum yang dapat memicu masalah ini, dan Anda dapat mengatasinya sendiri dengan mudah. Berikut beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi rem belakang Vario 110 yang tidak pakem:

1. Kampas Rem Habis

Kampas rem merupakan komponen yang bergesekan dengan piringan cakram saat tuas rem ditekan. Jika kampas rem sudah habis, maka gesekan antara kampas dan piringan cakram akan berkurang, sehingga rem menjadi kurang pakem.

Solusi: Ganti kampas rem baru. Proses penggantian kampas rem cukup mudah. Anda dapat melakukannya sendiri atau meminta bantuan bengkel terdekat.

2. Piringan Cakram Bengkok

Piringan cakram yang bengkok dapat menyebabkan permukaan gesek antara kampas rem dan piringan cakram tidak rata. Hal ini akan mengakibatkan rem menjadi kurang pakem.

Solusi: Ganti piringan cakram baru. Penggantian piringan cakram sebaiknya dilakukan di bengkel karena memerlukan alat khusus.

3. Master Rem Rusak

Master rem berfungsi untuk mengalirkan minyak rem ke kaliper rem. Jika master rem rusak, maka tekanan minyak rem yang mengalir ke kaliper rem akan berkurang, sehingga rem menjadi kurang pakem.

Solusi: Ganti master rem baru. Penggantian master rem sebaiknya dilakukan di bengkel karena memerlukan keahlian khusus.

BACA JUGA  Paket Bore Up Vario 110: 5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memodifikasi Sepeda Motor Anda

4. Selang Rem Bocor

Selang rem berfungsi sebagai saluran untuk mengalirkan minyak rem dari master rem ke kaliper rem. Jika selang rem bocor, maka minyak rem akan berkurang, sehingga tekanan minyak rem yang mengalir ke kaliper rem akan berkurang, dan rem menjadi kurang pakem.

Solusi: Ganti selang rem baru. Penggantian selang rem cukup mudah. Anda dapat melakukannya sendiri atau meminta bantuan bengkel terdekat.

5. Minyak Rem Kotor atau Kurang

Minyak rem yang kotor atau kurang dapat mengurangi tekanan minyak rem yang mengalir ke kaliper rem, sehingga rem menjadi kurang pakem.

Solusi: Ganti minyak rem baru. Penggantian minyak rem cukup mudah. Anda dapat melakukannya sendiri atau meminta bantuan bengkel terdekat. Pastikan Anda menggunakan minyak rem yang sesuai dengan spesifikasi Vario 110.

6. Kaliper Rem Kotor atau Macet

Kaliper rem berfungsi untuk menjepit kampas rem ke piringan cakram. Jika kaliper rem kotor atau macet, maka kampas rem tidak dapat menjepit piringan cakram dengan sempurna, sehingga rem menjadi kurang pakem.

Solusi: Bersihkan kaliper rem. Proses pembersihan kaliper rem cukup mudah. Anda dapat melakukannya sendiri dengan menggunakan cairan pembersih rem dan sikat gigi. Jika kaliper rem macet, maka perlu dilakukan penggantian kaliper rem baru.

Pencegahan Rem Belakang Vario 110 Tidak Pakem

Untuk mencegah masalah rem belakang Vario 110 tidak pakem, Anda dapat melakukan beberapa tips berikut:

  • Periksa kampas rem dan piringan cakram secara berkala.
  • Ganti kampas rem dan piringan cakram secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan.
  • Gunakan minyak rem yang sesuai dengan spesifikasi Vario 110.
  • Ganti minyak rem secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan.
  • Bersihkan kaliper rem secara berkala.
  • Hindari berkendara di jalan yang berlumpur atau basah dalam waktu yang lama.
  • Hindari mengerem secara mendadak.
BACA JUGA  Lampu Indikator: Panduan Lengkap Vario 110 Fi

Dengan melakukan tips pencegahan tersebut, Anda dapat menjaga performa rem belakang Vario 110 tetap pakem dan optimal, sehingga berkendara menjadi lebih aman dan nyaman.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer