Takaran Oli yang Tepat untuk Shockbreaker Vario 110 Karburator, Biar Kaki-kaki Tetap Nyaman

Dimas Permana

Pendahuluan

Motor matik Honda Vario 110 karburator masih menjadi salah satu pilihan populer di Indonesia. Meski sudah banyak model terbaru, Vario karbu tetap digemari karena performanya yang mumpuni dan perawatannya yang mudah. Salah satu komponen penting pada Vario karbu adalah shockbreaker. Shockbreaker yang berfungsi meredam getaran saat berkendara perlu dirawat dengan baik, termasuk penggantian oli secara berkala.

Pentingnya Oli Shockbreaker

Oli shockbreaker memiliki beberapa fungsi penting, di antaranya:

  • Melumasi komponen internal shockbreaker agar bekerja dengan lancar
  • Mengurangi gesekan antar komponen, sehingga memperpanjang usia pakai shockbreaker
  • Meredam panas yang dihasilkan oleh gesekan antar komponen
  • Mencegah karat dan korosi pada komponen internal shockbreaker

Takaran Oli yang Tepat

Takaran oli shockbreaker yang tepat sangat penting untuk memastikan kinerja shockbreaker yang optimal. Takaran yang terlalu sedikit atau terlalu banyak dapat berdampak negatif pada kenyamanan berkendara. Berikut takaran oli yang tepat untuk shockbreaker Vario 110 karburator:

  • Shockbreaker depan: 27 ml
  • Shockbreaker belakang: 90 ml

Cara Mengganti Oli Shockbreaker

Mengganti oli shockbreaker tergolong mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Berikut langkah-langkahnya:

Alat dan Bahan:

  • Oli shockbreaker khusus motor (recommended: Showa SS-8)
  • Kunci ring 12
  • Kunci L 4
  • Obeng minus
  • Wadah untuk menampung oli bekas
  • Lap bersih

Langkah-Langkah:

1. Siapkan Motor

  • Parkir motor di tempat yang aman dan rata.
  • Ganjal roda depan dan belakang agar motor tidak bergerak.
  • Matikan mesin dan biarkan motor dingin.
BACA JUGA  Apa itu Per CVT Vario 110 Karbu dan Berapa Rpm yang Dibutuhkan?

2. Buka Cover Shockbreaker

  • Menggunakan kunci ring 12, buka baut pengikat cover shockbreaker depan dan belakang.
  • Lepaskan cover shockbreaker dengan hati-hati.

3. Keluarkan Tabung Shockbreaker

  • Menggunakan kunci L 4, kendurkan baut pengikat tabung shockbreaker depan dan belakang.
  • Keluarkan tabung shockbreaker dengan perlahan.

4. Buang Oli Lama

  • Balikkan tabung shockbreaker dan biarkan oli lama keluar ke dalam wadah yang sudah disiapkan.
  • Bersihkan sisa-sisa oli lama dari tabung shockbreaker menggunakan lap bersih.

5. Isi Oli Baru

  • Masukkan jumlah oli sesuai takaran yang telah disebutkan sebelumnya.
  • Untuk shockbreaker depan, isi 27 ml oli.
  • Untuk shockbreaker belakang, isi 90 ml oli.

6. Pasang Kembali Tabung Shockbreaker

  • Masukkan kembali tabung shockbreaker ke dalam shockbreaker depan dan belakang.
  • Kencangkan baut pengikat tabung shockbreaker menggunakan kunci L 4.

7. Pasang Kembali Cover Shockbreaker

  • Pasang kembali cover shockbreaker depan dan belakang.
  • Kencangkan baut pengikat cover shockbreaker menggunakan kunci ring 12.

8. Tes Shockbreaker

  • Naikkan motor dengan menggunakan standar tengah.
  • Tekan-tekan shockbreaker depan dan belakang beberapa kali.
  • Pastikan shockbreaker bekerja dengan lancar dan tidak terasa keras atau terlalu empuk.

Frekuensi Penggantian Oli Shockbreaker

Frekuensi penggantian oli shockbreaker bervariasi tergantung pada intensitas penggunaan dan kondisi jalan yang dilalui. Sebagai patokan, oli shockbreaker Vario 110 karburator sebaiknya diganti setiap:

  • 10.000 – 15.000 km untuk penggunaan normal
  • 5.000 – 10.000 km untuk penggunaan berat atau di medan jalan yang jelek

Kesimpulan

Penggantian oli shockbreaker secara berkala dengan takaran yang tepat sangat penting untuk menjaga kenyamanan berkendara dan memperpanjang usia pakai shockbreaker. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, Anda dapat dengan mudah mengganti oli shockbreaker sendiri di rumah.

BACA JUGA  CDI Vario Techno 110: Kecocokan dengan Motor Lain

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer