Turunkan Shock Depan Vario 125: Panduan Langkah Demi Langkah

Rudi Soebiantoro

Tahukah Anda bahwa menurunkan shock depan Vario 125 dapat meningkatkan kenyamanan dan stabilitas berkendara? Proses ini cukup mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah dengan alat-alat sederhana. Ikuti panduan langkah demi langkah berikut untuk menurunkan shock depan Vario 125 Anda dengan aman dan efektif.

Langkah 1: Persiapan

  • Siapkan kunci pas ukuran 14 mm dan 17 mm.
  • Siapkan obeng plus (+) ukuran 8 mm.
  • Bersihkan area shock depan dari kotoran dan debu.
  • Parkir motor di permukaan yang rata dan stabil.
  • Lepaskan kunci kontak dan pastikan motor dalam posisi netral.

Langkah 2: Melepas Stang

  • Gunakan kunci pas 14 mm untuk melonggarkan kedua baut yang menghubungkan stang ke shock depan.
  • Berhati-hatilah agar tidak merusak baut atau ulirnya.
  • Setelah baut longgar, angkat stang sedikit ke atas untuk melepaskannya dari shock depan.

Langkah 3: Melepas Penutup Shock

  • Gunakan obeng plus (+) untuk melepaskan baut penutup shock yang terletak di bagian atas tabung shock.
  • Hati-hati saat mencabut penutup, karena terdapat per yang tersembunyi di dalamnya.
  • Tahan per dengan tangan Anda saat melepas penutup sepenuhnya.

Langkah 4: Mengatur Ketinggian

  • Anda akan melihat ulir di bagian atas tabung shock.
  • Gunakan kunci pas 17 mm untuk memutar ulir berlawanan arah jarum jam untuk menurunkan shock.
  • Putar ulir searah jarum jam untuk menaikkan shock.
  • Putar ulir secara bertahap sambil mengukur ketinggian shock dengan penggaris atau meteran.
BACA JUGA  Harga Seken Vario 125: Tips Cari Motor Bekas Terbaik!

Langkah 5: Memasang Kembali Penutup Shock

  • Setelah ketinggian shock sesuai keinginan, pasang kembali penutup shock ke tabung shock.
  • Pastikan per terpasang dengan benar di dalam penutup.
  • Kencangkan baut penutup dengan obeng plus (+).

Langkah 6: Memasang Kembali Stang

  • Pasang kembali stang ke shock depan dengan memasukkannya ke dalam dudukan shock.
  • Kencangkan kedua baut yang menghubungkan stang ke shock depan menggunakan kunci pas 14 mm.
  • Pastikan baut terkencang dengan benar.

Langkah 7: Pengujian

  • Duduk di atas motor dan uji ketinggian shock yang baru.
  • Kendarai motor di area yang aman untuk merasakan kenyamanan dan stabilitas berkendara.
  • Sesuaikan ketinggian shock lebih lanjut jika perlu.

Tips Tambahan

  • Gunakan kunci pas yang tepat ukurannya untuk menghindari kerusakan baut atau ulir.
  • Putar ulir secara bertahap untuk mencegah kerusakan pada shock.
  • Periksa ketinggian shock secara berkala, terutama setelah berkendara di jalan yang tidak rata.
  • Jika Anda tidak yakin dengan kemampuan Anda, jangan ragu untuk membawa motor ke bengkel servis untuk menurunkan shock depan.
  • Menurunkan shock depan berlebihan dapat mempengaruhi stabilitas motor, jadi sesuaikan ketinggian dengan hati-hati.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer