Atasi Susahnya Hidup Distarter Vario 110, Simak Penyebab dan Solusinya

Rudi Soebiantoro

Vario 110 menjadi salah satu skuter matik yang banyak digunakan di Indonesia. Namun, masalah seperti susah hidup distarter kerap kali dialami oleh pengguna kendaraan roda dua ini. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah tersebut:

Penyebab Vario 110 Susah Hidup Distarter

1. Aki Lemah

Aki merupakan sumber energi listrik utama pada kendaraan, termasuk Vario 110. Jika aki lemah atau rusak, maka suplai daya ke sistem kelistrikan, termasuk starter, akan terganggu.

2. Busi Kotor atau Rusak

Busi bertugas menghasilkan percikan api untuk menyalakan bahan bakar. Busi yang kotor atau rusak dapat menyebabkan percikan api tidak optimal, sehingga mesin sulit dihidupkan.

3. Komponen Starter Bermasalah

Starter terdiri dari beberapa komponen, seperti motor starter, relay starter, dan saklar starter. Jika salah satu komponen tersebut mengalami masalah, maka proses starter akan terhambat.

4. Masalah pada Sistem Bahan Bakar

Vario 110 menggunakan sistem bahan bakar injeksi. Jika terdapat masalah pada injektor, pompa bahan bakar, atau filter bahan bakar, maka suplai bahan bakar ke mesin akan terganggu, sehingga mesin sulit dihidupkan.

BACA JUGA  Perbedaan Vario Techno 110 Cbs Dan Non Cbs

5. Kompresi Mesin Lemah

Kompresi mesin yang lemah dapat disebabkan oleh kebocoran pada ring piston atau klep. Akibatnya, tekanan di dalam silinder berkurang, sehingga mesin sulit dihidupkan.

Solusi Mengatasi Vario 110 Susah Hidup Distarter

1. Periksa Aki

Ukur tegangan aki menggunakan voltmeter. Jika tegangan di bawah 12 volt, maka aki perlu diisi ulang atau diganti.

2. Bersihkan atau Ganti Busi

Lepas busi dan periksa kondisinya. Jika busi kotor, bersihkan menggunakan sikat kawat. Jika busi sudah aus atau rusak, sebaiknya diganti dengan busi baru.

3. Periksa Komponen Starter

Lepas motor starter dan periksa apakah bagian-bagiannya masih berfungsi dengan baik. Ganti bagian yang rusak atau berkarat.

4. Periksa Sistem Bahan Bakar

Bersihkan injektor menggunakan cairan pembersih khusus. Periksa pompa bahan bakar apakah masih berfungsi dengan baik. Ganti filter bahan bakar jika sudah kotor.

5. Periksa Kompresi Mesin

Ukur kompresi mesin menggunakan compression tester. Jika kompresi di bawah standar, maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh mekanik.

6. Reset ECU

ECU (Electronic Control Unit) pada Vario 110 dapat mengalami gangguan sehingga menyebabkan mesin sulit dihidupkan. Coba reset ECU dengan mencabut terminal negatif aki selama beberapa menit lalu menghubungkannya kembali.

7. Bawa ke Bengkel Resmi

Jika masalah tidak dapat diatasi dengan cara-cara di atas, sebaiknya bawa Vario 110 ke bengkel resmi untuk pemeriksaan dan perbaikan lebih lanjut.

Tips Mencegah Vario 110 Susah Hidup Distarter

1. Servis Rutin

Servis rutin secara berkala membantu menjaga kondisi Vario 110 tetap optimal, termasuk komponen kelistrikan dan sistem bahan bakar.

2. Gunakan Aki Berkualitas

Gunakan aki yang sesuai dengan spesifikasi Vario 110. Aki yang berkualitas akan lebih awet dan tidak mudah soak.

BACA JUGA  Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Ukuran Diameter Klep Honda Vario 110 Karbu

3. Bersihkan Busi Secara Teratur

Bersihkan busi setiap 5.000-10.000 kilometer untuk mencegah penumpukan karbon.

4. Hindari Mengendarai dalam Kondisi Kelistrikan Lemah

Hindari menyalakan lampu depan atau aksesori lain saat kondisi aki lemah, karena dapat menguras daya aki lebih cepat.

5. Selalu Panaskan Mesin Sebelum Berkendara

Memanaskan mesin sebelum berkendara membantu meningkatkan kompresi mesin dan memudahkan proses starter.

Dengan memahami penyebab dan solusi untuk mengatasi Vario 110 susah hidup distarter, Anda dapat menjaga kondisi kendaraan roda dua Anda tetap prima dan mencegah masalah tersebut terulang kembali.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer