Cara Mudah Cek CDI Vario 110 yang Mati: Panduan Lengkap untuk Pengendara

Dimas Permana

Jakarta – CDI atau Capacitor Discharge Ignition merupakan komponen penting pada motor matic Vario 110 yang berfungsi menghasilkan percikan api busi. Apabila CDI mati, motor tidak dapat dihidupkan sehingga menyebabkan mogok di jalan. Berikut adalah cara mudah mengecek CDI Vario 110 yang mati:

Alat dan Bahan:

  • Multimeter digital
  • Kunci busi
  • Kunci T8
  • Kabel jumper

Langkah-langkah Pemeriksaan:

1. Persiapan

  • Pastikan motor dalam kondisi mati dan kunci kontak dalam posisi "OFF".
  • Lepaskan busi menggunakan kunci busi.

2. Cek Resistensi Primer

  • Hubungkan multimeter digital pada skala ohmmeter (Ω).
  • Sentuhkan ujung probe negatif (hitam) pada terminal CDI bertuliskan "T" (trigger).
  • Sentuhkan ujung probe positif (merah) pada terminal CDI bertuliskan "P" (pulser).
  • Baca nilai resistensi pada multimeter.
  • Nilai normal resistensi primer adalah 0,3-0,7 ohm. Jika hasilnya sangat berbeda atau menunjukkan OL (open line), CDI kemungkinan mati.

3. Cek Resistensi Sekunder

  • Ganti skala multimeter ke ohmmeter x1K.
  • Sentuhkan ujung probe negatif pada terminal CDI bertuliskan "H" (high tension coil).
  • Sentuhkan ujung probe positif pada terminal busi.
  • Baca nilai resistensi pada multimeter.
  • Nilai normal resistensi sekunder adalah 9-16k ohm. Jika hasilnya sangat berbeda atau menunjukkan OL, CDI kemungkinan mati.

4. Cek Pulsa CDI

  • Lepaskan soket CDI yang terhubung ke kabel pulser dari magnet.
  • Hubungkan kabel jumper pada soket kabel pulser.
  • Nyalakan multimeter pada skala tegangan AC (Volt).
  • Set probe positif pada kabel jumper dari CDI.
  • Set probe negatif pada bodi mesin yang terbuat dari logam.
  • Kick atau starter motor.
  • Saat motor distarter, multimeter harus menunjukkan tegangan sekitar 0,5-1 Volt. Jika tidak ada tegangan atau tegangan sangat kecil, CDI kemungkinan mati.
BACA JUGA  Penyebab dan Solusi Vario 110 Tak Pengapian, Jangan Panik!

5. Cek Pengapian

  • Pasang kembali busi pada motor.
  • Hubungkan kabel busi ke busi.
  • Kick atau starter motor beberapa kali.
  • Amati apakah ada percikan api dari busi. Jika tidak ada atau percikan sangat lemah, CDI kemungkinan mati.

Catatan:

  • Pastikan semua koneksi listrik dalam kondisi baik dan tidak kendor.
  • Jika CDI mati, ganti dengan CDI baru yang sesuai dengan spesifikasi motor.
  • Jangan mencoba memperbaiki CDI sendiri karena dapat memperparah kerusakan.

Tips Merawat CDI Vario 110:

  • Gunakan busi yang sesuai dengan spesifikasi motor.
  • Hindari penggunaan CDI racing yang tidak direkomendasikan.
  • Hindari mengendarai motor dalam kondisi banjir atau air yang dalam.
  • Periksa dan bersihkan terminal CDI secara berkala dari kotoran.

Dengan melakukan pengecekan CDI secara rutin, pengendara Vario 110 dapat menghindari mogok di jalan akibat CDI yang mati. Pemeriksaan dapat dilakukan sendiri atau dibawa ke bengkel terdekat jika mengalami kesulitan.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer