Shock Belakang Vario 110 Yang Empuk: Cara Mengatasi dan Opsi Penggantian Terbaik

Dimas Permana

Poin Utama:

  • Shock belakang yang empuk dapat mempengaruhi kenyamanan dan kinerja motor Anda.
  • Penyebab utama keempukan shock adalah kebocoran oli atau ausnya per keping piston dalam shock.
  • Beberapa cara untuk mengatasi masalah ini termasuk perbaikan shock, penggantian per keping piston, atau penggantian shock secara keseluruhan.
  • Ada beberapa pilihan pengganti shock yang baik untuk Vario 110, seperti from YSS atau Faito Racing.

Motor matic jenis Vario 110 memiliki banyak penggemar karena kepraktisan dan kenyamanannya untuk pemakaian sehari-hari. Namun, seperti halnya dengan motor-motor lain, ada beberapa masalah yang mungkin muncul selama penggunaan, salah satunya adalah shock belakang yang empuk. Masalah ini dapat mempengaruhi kenyamanan dan kinerja motor Anda, sehingga perlu diatasi secepat mungkin. Artikel ini akan membahas bagaimana mengatasi shock belakang yang empuk pada Vario 110, opsi penggantian terbaik, serta tips dan trik untuk mempertahankan kinerja shock agar tahan lama.

Mengapa Shock Belakang Vario 110 Empuk?

Shock belakang yang empuk dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yang paling umum adalah kebocoran oli atau ausnya keping piston dalam shock. Ketika piston aus, itu mungkin menghasilkan suara gesekan saat menempel ke pipa shock, dan juga menghasilkan getaran yang lebih besar. Hal ini membuat shock menjadi lebih kaku, bukannya melunak, ketika motor Anda melintasi jalan yang tidak rata.

Shock belakang yang kaku akan mengurangi kenyamanan berkendara dan juga memperburuk kinerja motor Anda, terutama pada suspensi belakang. Seiring berjalannya waktu, masalah ini dapat menyebabkan kerusakan lebih parah pada suspensi, roda dan sasis motor, dan dapat membahayakan keselamatan pengendara jika tidak segera diatasi.

BACA JUGA  Pentingnya Ukuran Piston Standar untuk Performa Optimal Vario 110 Karburator

Cara Mengatasi Masalah Shock Belakang Empuk pada Vario 110

  1. Perbaikan Shock

Jika Anda ingin memperbaiki shock sendiri, Anda akan memerlukan alat khusus untuk membuka shock absorber dan melepaskan pistonnya. Setelah itu, Anda dapat mengatasi kebocoran oli atau mengisi ulang oli pada shock. Namun, jika ini tidak dapat mengatasi masalah, maka mungkin penggantian per valve atau piston dengan yang baru diperlukan. Jangan lupa untuk memeriksa juga bagian-bagian lain seperti per casing shock, bushing dan mounting, yang umumnya memengaruhi kinerja shock.

  1. Ganti Per Kepping Piston

Jika perbaikan shock tidak berhasil mengembalikan kinerja shock seperti semula, maka opsi penggantian per keping piston dengan yang baru dapat dilakukan. Keuntungan dari opsi ini adalah biaya yang lebih murah daripada penggantian shock secara keseluruhan, dan dapat membantu untuk memperbaiki masalah kebocoran pada piston.

  1. Ganti Shock secara Keseluruhan

Jika semua upaya tidak berhasil, maka penggantian shock secara keseluruhan dapat menjadi pilihan terakhir. Kalaupun lebih mahal, Anda dapat memilih produk shock yang berkualitas dan terkenal dari merek-merek seperti YSS atau Faito Racing. Selain itu, pastikan untuk memilih variasi shock yang sesuai dengan kebutuhan berkendara Anda untuk memperoleh kenyamanan dan kinerja terbaik.

Pastikan untuk memperiksa harga shock sebelum memutuskan penggantian dan menimbang biaya dan manfaatnya.

Tips dan Trik untuk Memelihara Shock Belakang

  • Periksa kebocoran oli secara teratur. Kecepatan kebocoran sering tergantung pada kualitas oli dan kondisi piston dalam shock.
  • Periksa juga bagian lain pada shock absorber seperti bushing, mounting, dan bushing. Benda-benda ini dapat aus atau rusak seiring berjalannya waktu.
  • Jangan memodifikasi shock absorber kecuali Anda benar-benar tahu dan memahami implikasinya pada kinerja kendaraan.
  • Pertahankan motor Anda agar bersih dan kering untuk menghindari aus atau kerusakan.
BACA JUGA  Modifikasi Vario 110: Meningkatkan Tampilan dan Kinerja Motor Anda

Kesimpulan

Shock belakang yang empuk dapat merusak kenyamanan dan kinerja motor Anda, sehingga perlu selalu di periksa dan di atasi secepatnya. Beberapa cara untuk mengatasi masalah ini termasuk perbaikan shock, penggantian per keping piston, atau penggantian shock secara keseluruhan. Selalu periksa kondisi shock secara teratur, jangan lupa untuk mempertahankan dan memelihara shock agar kinerjanya tetap maksimal. Jika Anda memutuskan untuk mengganti shock, pastikan Anda memilih opsi terbaik yang cocok dengan kebutuhan Anda.

FAQ

  1. Apakah shock empuk dapat mempengaruhi keselamatan berkendara?

    Ya, karena kinerja suspensi akan terganggu dan dapat menyebabkan kerusakan lebih parah pada roda, sasis dan komponen lain pada motor.

  2. Berapa harga rata-rata shock absorber untuk Vario 110?

    Harga biasanya berkisar antara 200 ribu – 500 ribuan untuk produk shock aftermarket. Namun, harganya bisa lebih mahal jika Anda memilih merek-merek yang lebih berkualitas.

  3. Berapa lama shock absorber Vario 110 harus diganti?

    Tergantung pada kondisi jalan, penggunaan dan perawatan, shock absorber awalnya dapat bertahan hingga 2-3 tahun, tetapi pastikan untuk memeriksanya secara berkala dan segera diganti bila sudah mulai bermasalah.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer