Pendahuluan
Honda Vario 110 generasi karburator masih banyak beredar di jalanan Indonesia. Salah satu kendala yang sering dihadapi pengguna Vario 110 karbu adalah sistem kelistrikannya yang masih mengandalkan arus AC. Hal ini membatasi penggunaan aksesori atau komponen tambahan yang membutuhkan arus DC.
Nah, buat kamu yang ingin memodifikasi Vario 110 karbu agar bisa menggunakan arus DC, berikut panduan lengkapnya.
Bahan yang Dibutuhkan:
- Kiprok Vario 125 PGM-FI (kode: 31600-KVG-921)
- Regulator rectifier (kode: SH591AA)
- Aki kering 12V 4 Ah
- Kabel-kabel secukupnya
- Konektor kabel
Alat-alat yang Dibutuhkan:
- Obeng plus dan minus
- Tang potong
- Tang crimping
- Solder dan timah
Langkah-langkah Penggantian:
1. Lepas Kiprok Lama
- Matikan mesin dan cabut kunci kontak.
- Lepaskan tutup samping kanan bodi Vario.
- Cari kiprok yang biasanya terletak di dekat area CVT.
- Cabut konektor kabel dari kiprok.
- Gunakan obeng untuk melepas baut yang menahan kiprok.
- Angkat kiprok lama dengan hati-hati.
2. Pasang Kiprok Vario 125
- Ambil kiprok Vario 125 PGM-FI yang baru.
- Pasang kiprok pada dudukan yang sama dengan kiprok lama.
- Kencangkan baut yang menahan kiprok.
- Hubungkan konektor kabel ke kiprok yang baru.
3. Pasang Regulator Rectifier
- Cari lokasi yang sesuai untuk memasang regulator rectifier, misalnya di bawah jok atau dekat aki.
- Pasang regulator rectifier menggunakan baut atau velcro.
- Hubungkan kabel merah dari regulator rectifier ke terminal positif (+) aki.
- Hubungkan kabel hitam dari regulator rectifier ke terminal negatif (-) aki.
- Hubungkan kabel kuning dari regulator rectifier ke kabel kuning dari kiprok.
4. Pasang Aki
- Ambil aki kering 12V 4 Ah.
- Pasang aki pada tempat yang sudah disediakan di Vario.
- Kencangkan baut yang menahan aki.
- Hubungkan kabel merah dari aki ke terminal positif (+) kiprok.
- Hubungkan kabel hitam dari aki ke terminal negatif (-) kiprok.
5. Koneksi Kabel
- Hubungkan kabel hijau dari kiprok ke lampu sein kanan.
- Hubungkan kabel hitam-kuning dari kiprok ke lampu sein kiri.
- Hubungkan kabel putih dari kiprok ke klakson.
- Hubungkan kabel hitam dari kiprok ke sakelar lampu.
- Hubungkan kabel biru dari kiprok ke sakelar starter.
6. Uji Coba
- Setelah semua kabel terhubung, nyalakan mesin Vario.
- Periksa tegangan aki menggunakan voltmeter. Tegangan harus stabil di sekitar 13-14 Volt.
- Nyalakan lampu-lampu dan klakson untuk memastikan arus DC berfungsi dengan baik.
Tips Tambahan:
- Gunakan kabel yang sesuai dengan ukuran dan kebutuhan arus.
- Solder dan crimping semua sambungan kabel dengan baik untuk menghindari korsleting.
- Pastikan aki selalu dalam kondisi baik dan tidak bocor.
- Modifikasi ini mengharuskan kamu memotong sistem kelistrikan asli Vario. Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan mekanik yang berpengalaman jika kamu kurang yakin melakukannya sendiri.
Kesimpulan
Dengan mengikuti panduan ini, kamu bisa memodifikasi Vario 110 karbu agar dapat menggunakan arus DC. Hal ini akan memudahkan kamu dalam menggunakan aksesori atau komponen tambahan yang membutuhkan arus DC. Selamat mencoba!