Takaran Oli Shock Depan Vario 110: Panduan Lengkap untuk Performa Optimal

Darius Rangga

Jakarta – Motor matic menjadi salah satu pilihan kendaraan yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Selain praktis dan mudah dikendarai, motor matic juga menawarkan kenyamanan yang lebih baik. Salah satu faktor yang mempengaruhi kenyamanan berkendara adalah suspensi, khususnya shock depan.

Shock depan berfungsi untuk meredam getaran akibat jalanan yang tidak rata. Agar shock depan dapat bekerja dengan optimal, diperlukan oli shock yang sesuai dengan takaran dan spesifikasi yang tepat. Untuk motor Honda Vario 110, takaran oli shock depan sangat penting untuk diperhatikan.

Takaran Oli Shock Depan Vario 110

Setiap pabrikan motor memiliki rekomendasi takaran oli shock yang berbeda-beda, tergantung pada model dan jenis motor tersebut. Untuk Honda Vario 110, takaran oli shock depan yang direkomendasikan oleh pabrikan adalah 97 ml per tabung shock.

Takaran yang tepat ini sangat penting untuk diperhatikan karena:

  • Oli yang terlalu sedikit dapat menyebabkan shock depan bekerja tidak optimal, sehingga mengurangi kenyamanan berkendara dan membuat motor terasa keras.
  • Oli yang terlalu banyak juga dapat menyebabkan kebocoran oli atau membuat shock depan terlalu empuk, sehingga mempengaruhi stabilitas motor saat dikendarai.

Cara Mengganti Oli Shock Depan Vario 110

Mengganti oli shock depan Vario 110 merupakan pekerjaan yang relatif mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Berikut langkah-langkah yang dapat diikuti:

Alat dan Bahan:

  • Oli shock sesuai spesifikasi (97 ml per tabung)
  • Kunci pas atau obeng
  • Wadah penampung oli bekas

Langkah-Langkah:

  1. Lepaskan roda depan. Gunakan kunci pas untuk melepaskan baut as roda dan kemudian lepaskan roda depan.
  2. Lepaskan cover shock depan. Gunakan obeng untuk melepas sekrup yang menahan cover shock depan.
  3. Lepaskan baut penutup tabung shock. Gunakan kunci pas untuk melepaskan baut penutup tabung shock, biasanya terletak di bagian atas tabung.
  4. Keluarkan oli shock bekas. Condongkan tabung shock ke arah wadah penampung oli bekas dan biarkan oli keluar sepenuhnya.
  5. Isi oli shock baru. Masukkan 97 ml oli shock baru ke dalam tabung shock.
  6. Pasang kembali baut penutup tabung shock. Kencangkan baut penutup tabung shock dengan torsi yang sesuai (biasanya tertera pada baut).
  7. Pasang kembali cover shock depan. Pasang kembali cover shock depan dan kencangkan sekrupnya.
  8. Pasang kembali roda depan. Pasang kembali roda depan dan kencangkan baut as roda.
BACA JUGA  Pentingnya Dekompresi pada Vario 110 Karbu, Jangan Abaikan!

Tips Penting:

  • Gunakan oli shock yang sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrikan.
  • Ganti oli shock secara berkala sesuai dengan interval yang ditentukan oleh pabrikan (biasanya setiap 10.000 km atau 6 bulan).
  • Jika ditemukan kebocoran oli pada shock depan, segera perbaiki kebocoran tersebut untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.
  • Perhatikan kondisi karet seal pada shock depan. Karet seal yang rusak dapat menyebabkan kebocoran oli.

Dengan mengikuti takaran oli shock depan Vario 110 yang tepat dan cara penggantian yang benar, Anda dapat memastikan shock depan motor Anda bekerja dengan optimal, sehingga memberikan kenyamanan berkendara yang lebih baik dan stabilitas motor yang lebih baik.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer