Mengenal Lebih Jauh Warna Kabel Reset pada Vario 125

Darius Rangga

Jika Anda merupakan pemilik sepeda motor Vario 125, mungkin pernah mengalami masalah terkait sistem kelistrikan di sepeda Anda. Salah satu tindakan yang umum dilakukan adalah melakukan reset. Namun, tahukah Anda bahwa kabel reset pada sepeda motor Vario 125 memiliki berbagai macam warna? Mari kita cari tahu lebih lanjut dalam artikel ini.

Warna Kabel Reset pada Vario 125

Sepeda motor Vario 125 memiliki empat jenis warna kabel reset, yaitu:

  1. Kabel Reset Merah: Kabel ini memiliki fungsi utama untuk mematikan sistem injeksi. Oleh karena itu, ketika melakukan reset pada sepeda motor Vario 125, pastikan kabel reset warna merah terlebih dahulu diputus.

  2. Kabel Reset Kuning: Kabel ini bertanggung jawab sebagai saklar pengatur daya stop lamp atau lampu rem belakang. Ketika kabel reset kuning dicabut, maka lampu rem belakang akan mati.

  3. Kabel Reset Hijau: Kabel ini digunakan untuk mengatur sistem injeksi pada sepeda motor Vario 125. Ketika kabel reset hijau dicabut, maka sistem injeksi pada sepeda motor akan direset.

  4. Kabel Reset Hitam: Kabel ini berfungsi sebagai saklar pengaman stater motor. Ketika kabel reset hitam dicabut, maka sepeda motor tidak dapat dinyalakan.

Cara Melakukan Reset pada Vario 125

Setelah mengetahui fungsi dari setiap warna kabel reset pada sepeda motor Vario 125, berikut adalah langkah-langkah melakukan reset dengan benar:

  1. Pastikan sepeda motor Vario 125 dalam posisi mati.
  2. Cari box aki pada sepeda motor Vario 125, kemudian buka tutup box tersebut.
  3. Temukan dan identifikasi empat warna kabel reset (merah, kuning, hijau, hitam).
  4. Cabut kabel reset merah terlebih dahulu.
  5. Setelah kabel merah dicabut, cabut kabel reset hijau. Jangan mengganggu kabel reset kuning dan hitam, kecuali jika Anda ingin mematikan lampu rem belakang.
  6. Tunggu selama 5 detik.
  7. Pasang kembali kabel reset hijau ke posisinya semula.
  8. Pasang kembali kabel reset merah.
  9. Tutup kembali box aki dan coba nyalakan sepeda motor Vario 125.
BACA JUGA  Ban Vario 125 Tubeless: Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Perawatannya

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang warna kabel reset pada sepeda motor Vario 125. Ingatlah untuk selalu melakukan reset dengan benar dan hati-hati agar tidak terjadi kesalahan dalam memutuskan kabel reset. ๐Ÿ๏ธ๐Ÿ”Œ

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer