Pasang Blok Vario 150 ke Vario 125, Bisa Nggak Sih?

Dimas Permana

Pecinta otomotif, khususnya pengguna skutik Honda Vario, pasti penasaran apakah blok mesin Vario 150 bisa dipasang ke Vario 125. Pertanyaan ini kerap muncul seiring popularitas modifikasi kendaraan roda dua yang kian meningkat. Yuk, cari tahu jawaban lengkapnya di sini!

Apakah Blok Vario 150 Cocok untuk Vario 125?

Secara umum, blok mesin Vario 150 memang bisa dipasang ke Vario 125. Namun, ada beberapa penyesuaian yang perlu dilakukan agar bisa berfungsi dengan baik. Pasalnya, ada perbedaan spesifikasi teknis antara kedua mesin ini.

Perbedaan Spesifikasi Blok Mesin Vario 150 dan Vario 125

Untuk memahami penyesuaian yang diperlukan, kita perlu mengetahui perbedaan spesifikasi blok mesin antara Vario 150 dan Vario 125:

Spesifikasi Vario 150 Vario 125
Kapasitas Silinder 150 cc 125 cc
Diameter Piston 57,3 mm 52,4 mm
Langkah Piston 57,9 mm 55,5 mm
Rasio Kompresi 10,6:1 10:1
Tenaga Maksimal 9,7 kW (13,1 PS) 8,2 kW (11,1 PS)
Torsi Maksimal 13,4 Nm 10,8 Nm

Penyesuaian yang Dibutuhkan

Dari perbedaan spesifikasi di atas, berikut penyesuaian yang diperlukan untuk memasang blok Vario 150 ke Vario 125:

1. Head Silinder

Head silinder Vario 150 memiliki desain berbeda dengan Vario 125, sehingga perlu diganti agar sesuai dengan blok mesin Vario 150. Pastikan untuk menggunakan head silinder original Vario 150 agar performa mesin optimal.

2. Blok CVT

Blok CVT Vario 150 juga memiliki perbedaan dengan Vario 125. Ukuran diameter CVT-nya lebih besar, sehingga perlu diganti agar sesuai dengan blok mesin Vario 150. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan pulley Vario 150 чтобы сохранить kinerja optimal transmisi.

BACA JUGA  Oli yang Bagus untuk Honda Vario 125 Tahun 2012

3. Karburator

Jika Vario 125 Anda masih menggunakan karburator, maka perlu diganti dengan karburator Vario 150. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan aliran bahan bakar yang lebih besar pada mesin Vario 150.

4. Knalpot

Knalpot Vario 150 juga berbeda dengan Vario 125. Diameter leher knalpot Vario 150 lebih besar, sehingga perlu diganti agar sesuai dengan blok mesin Vario 150. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan pembuangan gas buang.

5. Final Gear

Final gear Vario 150 memiliki rasio yang berbeda dengan Vario 125. Untuk mendapatkan performa yang optimal, final gear Vario 125 perlu diganti dengan final gear Vario 150.

6. ECU

ECU (Electronic Control Unit) pada Vario 150 memiliki perbedaan dengan Vario 125. Untuk memastikan mesin bekerja dengan baik, ECU Vario 125 perlu diganti dengan ECU Vario 150.

Tips Tambahan

Selain penyesuaian yang disebutkan di atas, berikut beberapa tips tambahan yang perlu diperhatikan:

  • Pastikan semua komponen yang digunakan sesuai dengan spesifikasi Vario 150, khususnya komponen yang berkaitan dengan sistem bahan bakar, pengapian, dan pelumasan.
  • Gunakan jasa mekanik yang berpengalaman dalam modifikasi mesin untuk memastikan pemasangan yang tepat dan performa mesin yang optimal.
  • Lakukan uji coba secara bertahap setelah pemasangan untuk memastikan mesin bekerja dengan baik dan tidak ada masalah.

Dengan mengikuti panduan dan tips ini, Anda bisa memasang blok Vario 150 ke Vario 125 dengan baik dan mendapatkan performa mesin yang lebih bertenaga. Namun, perlu diingat bahwa modifikasi ini dapat mempengaruhi garansi kendaraan, jadi pertimbangkan dengan matang sebelum melakukan perubahan ini.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer