Serba-Serbi Tanda Kuning di Motor Vario 125: Panduan Lengkap

Rudi Soebiantoro

Pengantar

Motor merupakan kendaraan roda dua yang banyak digunakan masyarakat Indonesia sebagai sarana transportasi sehari-hari. Salah satu merek motor yang populer di kalangan masyarakat adalah Honda Vario 125. Motor ini dikenal dengan desainnya yang stylish dan mesinnya yang bertenaga.

Namun, terkadang pengguna Vario 125 mengalami kendala pada motornya, salah satunya adalah munculnya tanda kuning di speedometer. Tanda ini dapat membuat pengguna bingung dan khawatir.

Dalam artikel ini, kami akan mengupas tuntas segala hal yang perlu Anda ketahui tentang tanda kuning di motor Vario 125. Kami akan membahas penyebab kemunculan tanda ini, cara mengatasinya, serta tips untuk mencegah kemunculannya kembali.

Penyebab Munculnya Tanda Kuning di Motor Vario 125

Secara umum, ada beberapa penyebab yang dapat memicu munculnya tanda kuning di motor Vario 125, antara lain:

  • Oli mesin habis atau kurang. Oli mesin berfungsi untuk melumasi komponen mesin agar tidak terjadi gesekan berlebihan. Ketika oli mesin habis atau kurang, komponen mesin akan mengalami gesekan yang tinggi sehingga menimbulkan panas berlebih. Akibatnya, sensor oli akan mengirimkan sinyal ke ECU (Engine Control Unit) dan memicu munculnya tanda kuning.
  • Filter oli kotor. Filter oli berfungsi untuk menyaring kotoran dan logam yang terdapat dalam oli mesin. Jika filter oli kotor, maka kemampuannya untuk menyaring kotoran akan berkurang. Akibatnya, kotoran dan logam akan masuk ke dalam mesin dan dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin. Hal ini juga dapat memicu munculnya tanda kuning.
  • Kerusakan pada oli strainer. Oli strainer merupakan komponen yang berfungsi untuk menyaring kotoran dari oli mesin sebelum masuk ke mesin. Jika oli strainer rusak, maka kotoran dapat masuk ke dalam mesin dan menyebabkan kerusakan pada komponen mesin. Hal ini juga dapat memicu munculnya tanda kuning.
  • Kerusakan pada pompa oli. Pompa oli berfungsi untuk memompa oli mesin ke seluruh komponen mesin. Jika pompa oli rusak, maka oli mesin tidak akan dapat mengalir ke seluruh komponen mesin. Akibatnya, komponen mesin akan mengalami kekurangan oli dan dapat menyebabkan kerusakan. Hal ini juga dapat memicu munculnya tanda kuning.
  • Kerusakan pada sensor tekanan oli. Sensor tekanan oli berfungsi untuk mendeteksi tekanan oli mesin. Jika sensor ini rusak, maka ECU tidak dapat mendeteksi tekanan oli mesin dengan benar. Akibatnya, ECU akan mengirimkan sinyal yang salah dan memicu munculnya tanda kuning.
BACA JUGA  Honda Vario 125 Idling Stop: Mesin Canggih Super Hemat Bahan Bakar

Cara Mengatasi Tanda Kuning di Motor Vario 125

Setelah mengetahui penyebab munculnya tanda kuning di motor Vario 125, langkah selanjutnya adalah mengatasi masalah tersebut. Cara mengatasi tanda kuning dapat bervariasi tergantung pada penyebabnya, yaitu:

  • Jika tanda kuning disebabkan oleh oli mesin habis atau kurang, maka solusinya adalah dengan menambahkan oli mesin sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrikan.
  • Jika tanda kuning disebabkan oleh filter oli kotor, maka solusinya adalah dengan mengganti filter oli dengan yang baru.
  • Jika tanda kuning disebabkan oleh kerusakan pada oli strainer, maka solusinya adalah dengan mengganti oli strainer dengan yang baru.
  • Jika tanda kuning disebabkan oleh kerusakan pada pompa oli, maka solusinya adalah dengan mengganti pompa oli dengan yang baru.
  • Jika tanda kuning disebabkan oleh kerusakan pada sensor tekanan oli, maka solusinya adalah dengan mengganti sensor tekanan oli dengan yang baru.

Tips Mencegah Kemunculan Kembali Tanda Kuning

Untuk mencegah kemunculan kembali tanda kuning di motor Vario 125, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  • Ganti oli mesin secara teratur. Ganti oli mesin sesuai dengan petunjuk yang terdapat dalam buku panduan pemilik. Biasanya, oli mesin perlu diganti setiap 2.000-4.000 kilometer.
  • Ganti filter oli secara teratur. Ganti filter oli setiap kali Anda mengganti oli mesin.
  • Periksa oli mesin secara berkala. Periksa oli mesin secara berkala menggunakan dipstick untuk memastikan jumlah oli mesin cukup.
  • Hindari penggunaan oli mesin yang tidak sesuai spesifikasi. Gunakan oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrikan.
  • Jangan memaksakan mesin. Hindari memaksakan mesin saat berkendara, seperti berkendara dengan kecepatan tinggi atau membawa beban yang berlebihan.
BACA JUGA  Harga Vario 125 Terbaru 2021 Semarang: Fitur Terbaru dan Penawaran Menarik

Kesimpulan

Tanda kuning di motor Vario 125 dapat disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari oli mesin habis hingga kerusakan komponen mesin. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Setelah mengetahui penyebabnya, Anda dapat melakukan langkah-langkah perbaikan yang sesuai. Dengan mengikuti tips yang telah disebutkan di atas, Anda dapat mencegah kemunculan kembali tanda kuning pada motor Vario 125 Anda.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer