Tarikan Gas Vario 125 Berat? Kenali Penyebab dan Solusinya!

Darius Rangga

Jakarta – Vario 125 merupakan salah satu skuter matik populer di Indonesia. Motor keluaran Honda ini dikenal dengan performanya yang mumpuni, namun tak jarang pengguna mengeluhkan tarikan gas yang terasa berat. Berbagai faktor dapat memengaruhi masalah ini, sehingga perlu diidentifikasi dan diatasi dengan tepat.

Penyebab Tarikan Gas Vario 125 Berat

1. Belt CVT Kendor

Vario 125 menggunakan Continuously Variable Transmission (CVT) sebagai sistem penggeraknya. Salah satu komponen penting dalam sistem CVT adalah belt atau tali CVT. Jika belt CVT kendor, maka akan mengurangi efisiensi penyaluran tenaga mesin ke roda. Hal ini dapat menyebabkan tarikan gas yang terasa berat atau selip.

2. Roller CVT Aus

Selain belt CVT, komponen lain dalam sistem CVT yang perlu diperhatikan adalah roller CVT. Roller ini berfungsi sebagai pengatur kecepatan rotasi pulley CVT. Jika roller CVT aus atau rusak, maka akan mempengaruhi kinerja CVT secara keseluruhan dan dapat menyebabkan tarikan gas yang berat.

3. Kopling Sentrifugal Selip

Kopling sentrifugal adalah komponen yang menghubungkan mesin dengan sistem CVT. Jika kopling sentrifugal selip, maka akan terjadi kehilangan tenaga dan mengakibatkan tarikan gas yang berat. Umumnya, selip pada kopling sentrifugal disebabkan oleh keausan atau kotoran.

4. Filter Udara Kotor

Filter udara yang kotor akan membatasi aliran udara ke mesin. Hal ini dapat menyebabkan pembakaran tidak optimal, yang berdampak pada penurunan performa mesin. Tarikan gas yang berat bisa menjadi salah satu gejala filter udara yang kotor.

BACA JUGA  Mengenal Lebih Dekat Skutik Honda Vario ESP 125

5. Busi Aus

Busi adalah komponen vital yang menghasilkan percikan api untuk menyalakan campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar. Jika busi aus atau kotor, maka akan menghasilkan percikan api yang lemah, sehingga pembakaran tidak sempurna. Hal ini dapat menyebabkan tarikan gas yang berat.

Solusi Mengatasi Tarikan Gas Vario 125 Berat

1. Ganti Belt CVT

Jika belt CVT ditemukan kendor, maka harus segera diganti dengan yang baru. Pastikan memilih belt CVT berkualitas baik agar awet dan berfungsi optimal.

2. Ganti Roller CVT

Roller CVT yang aus atau rusak juga perlu diganti. Gunakan roller CVT yang sesuai dengan spesifikasi motor Vario 125. Roller CVT yang terlalu berat atau ringan dapat mempengaruhi performa CVT.

3. Servis Kopling Sentrifugal

Jika terdapat selip pada kopling sentrifugal, maka perlu dilakukan servis untuk membersihkan dan mengganti komponen yang aus. Hindari menggunakan oli CVT yang berlebihan karena dapat menyebabkan selip pada kopling.

4. Bersihkan Filter Udara

Filter udara yang kotor harus dibersihkan secara berkala. Jika filter udara sudah terlalu kotor, maka disarankan untuk menggantinya dengan yang baru.

5. Ganti Busi

Busi yang aus atau kotor perlu diganti dengan yang baru. Gunakan busi berkualitas baik yang sesuai dengan spesifikasi motor Vario 125.

Tips Mencegah Tarikan Gas Vario 125 Berat

Untuk mencegah masalah tarikan gas yang berat pada Vario 125, disarankan untuk melakukan perawatan rutin berikut ini:

  • Ganti oli mesin dan oli CVT secara berkala.
  • Bersihkan filter udara setiap 4000-8000 km.
  • Periksa dan bersihkan roller CVT setiap 10.000-15.000 km.
  • Ganti belt CVT setiap 25.000-30.000 km.
  • Gunakan bahan bakar berkualitas baik.
BACA JUGA  Ukuran Bearing Kruk As Vario 125: Semua yang Perlu Diketahui

Dengan mengikuti tips perawatan di atas, tarikan gas Vario 125 akan tetap responsif dan tidak terasa berat. Jika setelah melakukan langkah-langkah perbaikan dan pencegahan di atas, masalah tarikan gas yang berat masih terjadi, disarankan untuk membawa motor ke bengkel resmi Honda untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer