Adu Tangguh! Intip Perbedaan Suspensi Vario dan Beat: Mana yang Lebih Nyaman?

Rudi Soebiantoro

Saat memilih motor matik, suspensi merupakan salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan. Suspensi yang baik tidak hanya memberikan kenyamanan berkendara, tetapi juga menjamin keselamatan dan stabilitas kendaraan. Di Indonesia, Honda Vario dan Honda Beat merupakan dua jenis motor matik yang sangat populer. Kedua motor ini memiliki karakteristik yang berbeda, termasuk pada bagian suspensinya.

Artikel ini akan mengupas tuntas perbedaan suspensi Vario dan Beat, mulai dari jenis, material, hingga performanya. Dengan informasi ini, Anda dapat menentukan pilihan yang tepat saat mencari motor matik dengan suspensi terbaik.

Jenis Suspensi Vario vs Beat

Honda Vario dan Beat menggunakan jenis suspensi yang berbeda untuk roda depan dan belakang. Mari kita bahas satu per satu:

Suspensi Depan

Vario: Vario menggunakan suspensi teleskopik untuk roda depan. Jenis suspensi ini terdiri dari tabung yang berisi oli dan batang yang meluncur di dalamnya. Ketika roda depan menerima beban atau tekanan, batang akan bergerak naik turun di dalam tabung, menyalurkan energi dampak ke peredam kejut yang berisi oli.

Beat: Berbeda dengan Vario, Beat mengandalkan suspensi teleskopik ganda untuk roda depan. Konfigurasi ini menggunakan dua tabung suspensi, masing-masing dengan batang dan peredam kejut sendiri. Kehadiran dua tabung ini memberikan stabilitas dan kontrol yang lebih baik saat menikung atau melewati jalanan yang tidak rata.

Suspensi Belakang

Vario: Untuk roda belakang, Vario menggunakan suspensi lengan ayun dengan shock absorber tunggal. Lengan ayun merupakan komponen berbentuk lengkung yang menghubungkan roda belakang dengan rangka motor. Shock absorber yang terpasang pada lengan ayun berfungsi menyerap guncangan dan getaran saat roda belakang melewati permukaan yang tidak rata.

BACA JUGA  Jual Beli Motor Vario Bekas Banyuwangi

Beat: Sama seperti Vario, Beat juga menggunakan suspensi lengan ayun untuk roda belakang. Namun, Beat dilengkapi dengan dua shock absorber yang terpasang pada lengan ayun. Konfigurasi ini memberikan stabilitas dan kenyamanan berkendara yang lebih baik, terutama saat membawa beban berat atau melintasi jalanan bergelombang.

Material Suspensi Vario dan Beat

Material suspensi yang digunakan pada Vario dan Beat juga berbeda, yang memengaruhi kualitas dan performa suspensinya.

Vario: Suspensi Vario umumnya terbuat dari baja, bahan yang dikenal kuat dan tahan lama. Baja mampu menahan beban yang cukup berat dan tidak mudah bengkok atau patah. Namun, material ini memiliki bobot yang cukup berat.

Beat: Suspensi Beat menggunakan kombinasi baja dan aluminium. Baja digunakan pada bagian yang membutuhkan kekuatan, seperti lengan ayun dan batang suspensi depan. Sedangkan aluminium digunakan pada bagian yang tidak terlalu banyak mendapat tekanan, seperti tabung suspensi depan. Perpaduan material ini membuat suspensi Beat lebih ringan tanpa mengurangi kekuatannya.

Performa Suspensi Vario dan Beat

Performa suspensi Vario dan Beat sangat bergantung pada jenis dan materialnya. Berikut perbandingan performa kedua motor ini:

Kenyamanan Berkendara

Vario: Suspensi Vario terasa lebih empuk dan nyaman saat melewati jalanan yang tidak rata. Suspensi teleskopik depan bekerja baik dalam menyerap guncangan sehingga pengendara tidak merasakan getaran yang berlebihan. Namun, suspensi belakang Vario bisa terasa sedikit keras saat membawa beban berat atau melintasi jalanan berlubang dengan kecepatan tinggi.

Beat: Suspensi Beat memberikan kenyamanan yang lebih baik dibandingkan Vario, terutama saat membawa beban atau melintasi jalanan kasar. Dual shock absorber pada roda belakang bekerja secara efektif dalam meredam getaran dan menjaga stabilitas motor.

BACA JUGA  Harga Lampu LED Motor Vario: Poin Utama yang Perlu Anda Ketahui

Stabilitas dan Kontrol

Vario: Suspensi teleskopik ganda pada roda depan Beat memberikan stabilitas dan kontrol yang lebih baik saat menikung atau melewati jalanan berliku. Namun, saat melewati jalanan bergelombang, suspensi depan Beat bisa terasa sedikit limbung.

Beat: Dual shock absorber pada roda belakang Beat memastikan stabilitas dan kontrol yang sangat baik, baik saat melaju pada kecepatan tinggi maupun saat membawa beban berat. Suspensi belakang yang kokoh membuat Beat tetap seimbang dan mudah dikendalikan.

Kekuatan dan Daya Tahan

Vario: Suspensi Vario yang terbuat dari baja menawarkan kekuatan dan daya tahan yang lebih baik. Material ini mampu menahan beban yang cukup berat dan tidak mudah rusak. Namun, bobot yang lebih berat dapat memengaruhi kelincahan motor.

Beat: Suspensi Beat yang menggunakan perpaduan baja dan aluminium memiliki bobot yang lebih ringan sehingga motor lebih lincah. Meski begitu, material ini masih cukup kuat untuk menahan beban sedang dan kondisi jalan yang tidak terlalu berat.

Kesimpulan

Dari perbandingan di atas, dapat disimpulkan bahwa suspensi Vario lebih unggul dalam hal kekuatan dan daya tahan, sedangkan suspensi Beat lebih unggul dalam hal kenyamanan dan stabilitas. Pilihan suspensi terbaik tergantung pada kebutuhan dan preferensi masing-masing individu.

Jika Anda mencari motor matik dengan suspensi yang kuat dan tahan lama, Vario bisa menjadi pilihan yang tepat. Suspensi teleskopik depan dan suspensi lengan ayun dengan shock absorber tunggalnya mampu menahan beban berat dan melintasi jalanan yang tidak rata dengan baik.

Namun, jika kenyamanan dan stabilitas menjadi prioritas utama, Beat adalah pilihan yang lebih direkomendasikan. Suspensi teleskopik ganda pada roda depan dan dual shock absorber pada roda belakang memberikan kenyamanan yang sangat baik, stabilitas yang mumpuni, dan kontrol yang mudah bahkan saat membawa beban berat atau melintasi jalanan yang kasar.

BACA JUGA  Julukan Sayang untuk Motor Kesayangan: Ekspresi Cinta yang Menggema di Jalanan

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer