Jakarta – Memiliki motor yang performa dan kondisinya prima tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap pemilik kendaraan. Salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan adalah suspensi depan atau shock depan. Ini mempengaruhi kenyamanan berkendara, stabilitas, dan handling motor.
Pada motor Honda CBR 150 generasi lama, pengguna wajib memahami ukuran oli shock depan agar dapat melakukan perawatan dan penggantian oli secara tepat. Oli shock depan berfungsi melumasi dan meredam getaran pada suspensi, sehingga berkendara terasa lebih nyaman.
Ukuran Oli Shock Depan CBR 150 Old
Untuk Honda CBR 150 generasi lama, ukuran oli shock depan yang tepat adalah:
- Volume Oli Per Shock: 160 ml
- Total Volume Oli: 320 ml (untuk kedua shock)
Jenis Oli Shock Depan yang Cocok
Tidak hanya ukuran, pemilihan jenis oli shock depan juga penting untuk menjamin performa optimal suspensi. Berikut rekomendasi jenis oli shock depan yang cocok untuk CBR 150 old:
- Oli Shock Standar: Honda Genuine Oil Ultra G2 10W
- Oli Shock Aftermarket: Motul Fork Oil Expert 10W atau Yamalube Fork Oil 10W
Langkah-langkah Penggantian Oli Shock Depan CBR 150 Old
Mengganti oli shock depan CBR 150 old dapat dilakukan secara mandiri dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
-
Alat dan Bahan:
- Oli shock depan baru (320 ml)
- Obeng atau kunci pas
- Corong
- Kunci sok
- Wadah penampung oli bekas
-
Langkah-langkah:
- Kendorkan baut pembuangan oli yang terletak di bagian bawah shock.
- Kumpulkan oli bekas ke dalam wadah yang telah disiapkan.
- Bersihkan bagian baut pembuangan dari oli yang menempel.
- Isi oli baru ke dalam shock menggunakan corong.
- Kencangkan baut pembuangan dengan torsi yang sesuai (biasanya 30 Nm).
- Ulangi langkah-langkah tersebut untuk shock depan lainnya.
- Setelah selesai, pompa shock depan beberapa kali untuk meratakan oli di dalamnya.
Dampak Menggunakan Oli Shock yang Salah
Menggunakan oli shock depan dengan ukuran atau jenis yang tidak sesuai dapat berdampak negatif pada performa suspensi, seperti:
- Kenyamanan Berkendara Menurun: Oli yang terlalu kental atau tipis akan membuat suspensi terasa keras atau terlalu lembut.
- Stabilitas dan Handling Terganggu: Suspensi yang tidak berfungsi dengan baik dapat mempengaruhi stabilitas dan kontrol motor saat berkendara.
- Umur Komponen Berkurang: Oli shock yang tidak sesuai dapat mempercepat keausan pada komponen suspensi, seperti seal dan bushing.
Jadwal Penggantian Oli Shock Depan
Frekuensi penggantian oli shock depan tergantung pada penggunaan dan kondisi jalan yang dilalui. Sebagai pedoman umum, berikut jadwal penggantian oli shock depan yang disarankan:
- Penggunaan Normal: Setiap 10.000 – 15.000 km
- Penggunaan Berat (jalan rusak, sering berboncengan): Setiap 5.000 – 10.000 km
Kesimpulan
Ukuran oli shock depan yang tepat untuk Honda CBR 150 old adalah 160 ml per shock atau 320 ml untuk kedua shock. Pemilihan jenis oli shock depan yang sesuai juga penting untuk menjamin performa suspensi yang optimal. Dengan melakukan penggantian oli shock depan secara berkala sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan, Anda dapat menjaga kenyamanan, stabilitas, dan handling motor tetap prima.