Motor Vario Tak Mau Distarter dan Dienggel? Ini Penyebab dan Solusinya

Rudi Soebiantoro

Kepemilikan sepeda motor di Indonesia yang massif membuat berbagai pabrikan motor ternama terus mengeluarkan produk-produk terbaiknya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satu yang paling populer adalah Honda Vario, skuter matik yang telah menjadi andalan banyak orang karena kepraktisannya dan konsumsi bahan bakarnya yang irit.

Namun, seperti kendaraan lainnya, Honda Vario juga bisa mengalami masalah, salah satunya adalah tidak bisa distarter atau diengkol. Kondisi ini tentu sangat menjengkelkan, apalagi jika terjadi di saat-saat darurat.

Jangan panik, berikut beberapa penyebab utama mengapa motor Vario Anda tidak bisa distarter atau diengkol, beserta solusi untuk mengatasinya:

1. Aki Lemah atau Mati

Aki adalah komponen penting dalam sistem starter sepeda motor. Fungsinya adalah untuk menyimpan energi listrik dan menyalurkan arus ke komponen lain saat mesin dinyalakan. Jika aki lemah atau mati, starter tidak akan mendapatkan listrik yang cukup untuk memutar mesin.

Solusi: Periksa tegangan aki menggunakan voltmeter. Jika di bawah 12 volt, segera ganti aki baru.

2. Masalah Sistem Starter

Sistem starter terdiri dari beberapa komponen, seperti starter motor, solenoid, dan sakelar starter. Jika salah satu komponen ini rusak atau tidak berfungsi, proses starter bisa terganggu.

Solusi:

  • Periksa starter motor: Lepaskan starter motor dan periksa apakah berputar dengan lancar. Jika tidak, ganti starter motor baru.
  • Periksa solenoid: Solenoid adalah sakelar elektromagnetik yang menghubungkan starter motor ke aki. Periksa apakah solenoid berfungsi dengan baik. Jika tidak, ganti solenoid baru.
  • Periksa sakelar starter: Sakelar starter adalah tombol yang mengaktifkan sistem starter. Periksa apakah sakelar berfungsi dengan baik. Jika tidak, ganti sakelar starter baru.
BACA JUGA  Harga Skotlet Motor Full Body Vario

3. Masalah Sistem Pengapian

Sistem pengapian diperlukan untuk menghasilkan percikan api yang akan membakar bahan bakar di ruang bakar. Jika terjadi masalah pada sistem pengapian, maka mesin tidak akan bisa menyala.

Solusi:

  • Periksa busi: Busi adalah komponen yang menghasilkan percikan api. Periksa apakah busi kotor, aus, atau rusak. Jika ya, ganti busi baru.
  • Periksa koil pengapian: Koil pengapian adalah komponen yang menghasilkan tegangan tinggi untuk busi. Periksa apakah koil pengapian berfungsi dengan baik. Jika tidak, ganti koil pengapian baru.
  • Periksa CDI: CDI adalah komponen yang mengontrol waktu pengapian. Periksa apakah CDI berfungsi dengan baik. Jika tidak, ganti CDI baru.

4. Masalah Sistem Bahan Bakar

Sistem bahan bakar bertugas mengalirkan bahan bakar dari tangki ke mesin. Jika terjadi masalah pada sistem bahan bakar, maka mesin tidak akan mendapatkan cukup bahan bakar untuk menyala.

Solusi:

  • Periksa filter bahan bakar: Filter bahan bakar berfungsi untuk menyaring kotoran dalam bahan bakar. Periksa apakah filter bahan bakar tersumbat. Jika ya, ganti filter bahan bakar baru.
  • Periksa saluran bahan bakar: Saluran bahan bakar adalah pipa yang mengalirkan bahan bakar dari tangki ke mesin. Periksa apakah saluran bahan bakar bocor atau tersumbat. Jika ya, perbaiki atau ganti saluran bahan bakar.
  • Periksa pompa bahan bakar: Pompa bahan bakar adalah komponen yang memompa bahan bakar dari tangki ke mesin. Periksa apakah pompa bahan bakar berfungsi dengan baik. Jika tidak, ganti pompa bahan bakar baru.

5. Masalah Kompresi Mesin

Kompresi mesin adalah kunci untuk menghasilkan tenaga. Jika kompresi mesin rendah, mesin bisa sulit untuk dihidupkan atau tidak bisa hidup sama sekali.

BACA JUGA  Roller Scoopy 2022: Apa yang Perlu Diketahui

Solusi:

  • Periksa katup mesin: Katup mesin berfungsi untuk mengatur aliran udara dan bahan bakar ke dalam dan keluar dari mesin. Periksa apakah katup mesin menutup dengan rapat. Jika tidak, stel katup mesin.
  • Periksa piston dan ring piston: Piston dan ring piston adalah komponen yang bergerak di dalam silinder mesin. Periksa apakah piston dan ring piston aus atau rusak. Jika ya, ganti piston dan ring piston baru.

6. Masalah Lainnya

Selain masalah-masalah umum di atas, ada beberapa masalah lain yang juga bisa menyebabkan motor Vario tidak bisa distarter atau diengkol, seperti:

  • Sensor CKP rusak
  • ECU rusak
  • Kabel putus atau kendor

Jika Anda sudah mencoba semua solusi di atas tetapi motor Vario Anda masih tidak bisa distarter atau diengkol, sebaiknya bawa motor Anda ke bengkel resmi untuk diperiksa oleh mekanik yang berpengalaman.

Tips Mencegah Motor Vario Tidak Bisa Distarter atau Diengkol

Untuk mencegah masalah motor Vario tidak bisa distarter atau diengkol, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, antara lain:

  • Lakukan servis rutin sesuai jadwal
  • Gunakan aki yang berkualitas
  • Bersihkan busi secara berkala
  • Periksa sistem bahan bakar secara rutin
  • Jaga kebersihan mesin
  • Hindari mengendarai motor di genangan air yang tinggi

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer