Bongkar Rahasia: Ukuran Oli Shock Depan CBR 150 Old untuk Performa Optimal

Rendra

Mengendarai motor kesayangan seperti Honda CBR 150 Old membutuhkan perawatan ekstra untuk menjaga performanya tetap prima. Salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan adalah shock depan, yang berfungsi meredam guncangan dan memberikan kestabilan saat berkendara. Salah satu aspek perawatan shock depan yang krusial adalah penggantian oli shock secara berkala.

Nah, kalau kamu berencana mengganti oli shock depan CBR 150 Old kamu, penting banget buat tahu ukuran oli yang tepat. Pasalnya, penggunaan oli yang tidak sesuai bisa berdampak buruk pada kinerja shock depan, bahkan dapat merusak komponennya.

Nah, berikut ini kami sajikan informasi lengkap mengenai ukuran oli shock depan CBR 150 Old yang bisa menjadi panduan kamu dalam melakukan perawatan motor kesayangan:

Volume Oli Shock Depan CBR 150 Old

Setiap tabung shock depan CBR 150 Old membutuhkan volume oli yang sama, yaitu 130 ml. Jumlah ini merupakan ukuran yang direkomendasikan oleh Honda untuk memastikan kinerja shock depan yang optimal.

Jenis Oli Shock Depan CBR 150 Old

Selain volume, pemilihan jenis oli shock depan juga sangat penting. Untuk CBR 150 Old, Honda merekomendasikan penggunaan oli shock dengan spesifikasi:

  • Viscositas: 10W
  • Tipe: Heavy Weight Fork Oil

Oli shock jenis ini memiliki tingkat kekentalan yang sesuai dengan karakteristik shock depan CBR 150 Old, sehingga dapat memberikan peredaman guncangan yang optimal.

Cara Mengganti Oli Shock Depan CBR 150 Old

Setelah mengetahui ukuran dan jenis oli yang tepat, kamu bisa lanjut ke tahap penggantian oli shock depan. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka tutup baut pembuangan dan pengisian oli shock. Tutup baut ini biasanya terletak di bagian bawah dan atas tabung shock.
  2. Buang oli bekas. Tangkap oli bekas ke dalam wadah untuk dibuang dengan benar.
  3. Isi oli baru. Gunakan spuit atau corong untuk mengisi oli baru ke dalam tabung shock hingga mencapai volume yang ditentukan, yaitu 130 ml.
  4. Pasang kembali tutup baut pembuangan dan pengisian oli. Kencangkan baut dengan torsi yang sesuai.
  5. Lakukan pada tabung shock depan yang lainnya. Lakukan langkah yang sama pada tabung shock depan yang satunya.
  6. Tes kinerja shock depan. Setelah penggantian oli, tes kinerja shock depan dengan cara mengendarai motor dan merasakan responnya terhadap guncangan. Pastikan shock depan bekerja dengan baik dan memberikan peredaman yang optimal.
BACA JUGA  Panjang Selang Rem Depan Vario 150: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Tanda-Tanda Oli Shock Depan CBR 150 Old Harus Diganti

Selain penggantian secara berkala, kamu juga perlu memperhatikan tanda-tanda yang menunjukkan bahwa oli shock depan perlu diganti, di antaranya:

  • Kebocoran oli: Jika ada kebocoran oli pada tabung shock, kemungkinan besar oli perlu diganti.
  • Performa shock menurun: Jika shock depan merasa kurang empuk atau responsif, bisa jadi oli shock sudah劣化 dan perlu diganti.
  • Oli berubah warna: Oli shock yang normal berwarna bening kecoklatan. Jika oli berubah warna menjadi gelap atau keruh, artinya oli sudah terkontaminasi dan perlu diganti.
  • Motor terasa tidak stabil: Oli shock yang tidak sesuai atau sudah rusak dapat menyebabkan motor terasa tidak stabil saat dikendarai, terutama pada jalan yang tidak rata.

Untuk menjaga performa CBR 150 Old kamu tetap optimal, disarankan untuk mengganti oli shock depan secara berkala sesuai dengan interval yang direkomendasikan oleh Honda, yaitu setiap 12.000 km atau 1 tahun, mana yang tercapai lebih dulu. Dengan melakukan perawatan yang tepat, shock depan motor kamu akan berfungsi dengan baik dan memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan aman.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer