Panduan Lengkap Takaran Oli Shock Depan Vario 150 Agar Suspensi Maksimal

Darius Rangga

Performa suspensi yang optimal sangat krusial untuk kenyamanan berkendara dan keselamatan. Salah satu komponen penting yang memengaruhi performa suspensi adalah oli shock. Khususnya untuk pengguna Honda Vario 150, takaran oli shock yang tepat sangat penting untuk memastikan fungsi suspensi yang maksimal.

Pentingnya Takaran Oli Shock yang Tepat

Oli shock berfungsi sebagai pelumas dan peredam kejut pada suspensi. Takaran oli yang terlalu sedikit atau terlalu banyak dapat berdampak negatif pada kinerja suspensi, seperti:

  • Terlalu sedikit oli: Kurang pelumasan menyebabkan gesekan antar komponen suspensi, sehingga dapat menyebabkan keausan dini dan penurunan performa suspensi.
  • Terlalu banyak oli: Suspensi menjadi terlalu kaku dan tidak dapat meredam guncangan dengan baik, sehingga mengurangi kenyamanan berkendara.

Takaran Oli Shock Depan Vario 150

Untuk Vario 150, volume oli shock depan yang direkomendasikan oleh Honda adalah:

– Tabung Kiri: 55 ml
– Tabung Kanan: 62 ml

Takaran ini sudah memperhitungkan ruang kosong di dalam tabung shock untuk memungkinkan udara mengembang saat oli memanas.

Cara Mengganti Oli Shock Depan Vario 150

Untuk mengganti oli shock depan Vario 150, Anda memerlukan alat dan bahan berikut:

  • Obeng plus
  • Kunci pas ring 14 mm
  • Kunci pas sok 8 mm
  • Tang snap ring
  • Oli shock khusus untuk Vario 150
  • Corong (opsional)

Langkah-langkah penggantian:

  1. Buka tutup atas shock depan: Gunakan obeng plus untuk membuka baut pada tutup atas shock depan.
  2. Keluarkan tabung shock: Gunakan kunci pas ring 14 mm untuk melepaskan baut pada bagian bawah tabung shock, lalu tarik keluar tabung secara perlahan.
  3. Lepaskan oli lama: Balikkan tabung shock dan biarkan oli keluar ke dalam wadah. Gunakan corong untuk mempermudah pembuangan.
  4. Isi oli baru: Masukkan oli shock baru ke dalam tabung kiri sebanyak 55 ml dan tabung kanan sebanyak 62 ml. Anda dapat menggunakan corong untuk pengisian yang lebih rapi.
  5. Pasang tabung shock: Masukkan kembali tabung shock ke dalam rumah shock dan kencangkan baut bawah dengan kunci pas ring 14 mm.
  6. Pasang tutup atas shock: Kencangkan baut tutup atas shock dengan obeng plus.
  7. Ukur tekanan angin ban: Setelah mengganti oli shock, pastikan untuk memeriksa dan menyesuaikan tekanan angin ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan.
BACA JUGA  Harga Kredit Vario 150 Terbaru 2020: Informasi Lengkap dan Terupdate

Tips Tambahan:

  • Gunakan oli shock khusus untuk Vario 150 untuk memastikan performa suspensi yang optimal.
  • Ganti oli shock secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan, biasanya setiap 20.000 km atau 2 tahun sekali.
  • Jika Anda tidak yakin untuk melakukan penggantian sendiri, sebaiknya bawa motor Anda ke bengkel terpercaya.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat memastikan bahwa suspensi Vario 150 Anda selalu dalam kondisi prima. Oli shock yang tepat akan memberikan performa suspensi yang maksimal, sehingga meningkatkan kenyamanan berkendara dan keselamatan Anda di jalan.

Baca Juga

Bagikan:

Ads - Before Footer